FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GURU UNTUK MENABUNG DI BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh lokasi terhadap minat guru Madrasah Aliyah Darunnajah untuk menabung di bank syariah, 2) pengaruh manajemen pemasaran terhadap minat guru Madrasah Aliyah Darunnajah untuk menabung di bank syariah, 3) pengaruh pengetahuan terhadap minat guru Madrasah Aliyah Darunnajah untuk menabung di bank syariah, 4) pengaruh fasilitas terhadap minat guru Madrasah Aliyah Darunnajah untuk menabung di bank syariah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Darunnajah, dengan jumlah responden sebanyak 45 responden. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskidastisitas, dan uji multikolinearitas), uji regresi linear berganda, dan uji hipotesa (uji t, uji F, dan uji R square).
Hasil analisis regresi pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lokasi berpengaruh positif karena thitung (2.381) lebih besar dari pada ttabel (2.021), maka Ho ditolak dan H1 di terima, variabel manajemen pemasaran berpengaruh positif karena thitung (28.050) lebih besar dari pada ttabel (2.021) maka Ho di tolak dan H1 diterima, variabel pengetahuan berpengaruh positif karena thitung (2.250) lebih besar dari pada ttabel (2.021) maka Ho di tolak dan H1 diterima, sedangkan variabel fasilitas tidak berpengaruh positif karena thitung (0.439) lebih kecil dari pada ttabel (2.021) maka Ho di terima dan H1 di tolak.