View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERBANDINGAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

      Thumbnail
      View/Open
      Cover .pdf (46.66Kb)
      HALAMAN JUDUL (324.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (368.8Kb)
      ABSTRACT (84.47Kb)
      BAB I (207.7Kb)
      BAB II (445.6Kb)
      BAB III (493.6Kb)
      BAB IV (369.0Kb)
      BAB V (90.31Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (290.1Kb)
      LAMPIRAN (391.9Kb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      MUHAROMAH, SITI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbandingan metode kooperatif tipe jigsaw dan STAD dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas IV sekolah dasar, dan ingin membuktikan secara empiris apakah ada perbedaan prestasi belajar PAI menggunakan metode pembelajaran tipe jigsaw dengan tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan desain penelitian berupa pre test and post test group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Srikayangan dan SD N Pergiwatu yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dianalisis secara deskriptif, chi-square, uji F, dan uji-t. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil rata-rata prestasi belajar post test kelas jigsaw sebesar 82,17 dan kelas STAD sebesar 78,08. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t sebesar 2,056 dengan probabilitas (2-tailed) 0,046 dengan demikian > atau p = 0,046 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan prestasi belajar PAI Dengan kata lain metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan rata-rata prestasi belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan metode kooperatif tipe STAD.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11608
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV