PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai hubungan pengungkapan corporate sociaal responsibility, struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2015. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 90 perusahaan. Data diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan website www.idx.co.id. Data yang dianalisis dalam penelitian ini diolah dari annual report perusahaan. Teknik analisis yang digunakan untuk penguji adalah regresi berganda menggunakan SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, Struktur modal dan Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Kepemilikan manajerial tidak dapat memperkuat pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dan Kepemilikan manajerial dapat memperkuat pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan.