HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB DENGAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI ANALISIS KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017)
Abstract
Penelitian ini berawal dari minat siswa yang kurang terhadap pelajaran
bahasa Arab, sehingga membuat proses belajar mengajar kurang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kreativitas guru dalam
pembelajaran bahasa Arab, (2) mengetahui minat belajar siswa, dan (3)
mengetahui hubungan antara kreativitas guru dalam mengajar bahasa Arab dengan
minat belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripstif
dengan jenis penelitian kuantitatif. Pemilihan subjek penelitian menggunakan
sample rondom, yaitu diperoleh dari siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2
Gamping sebanyak 35 orang siswa kelas VIII C, dengan teknik pengumpulan data
melalui: observasi, interview (wawancara), kuesioner (angket), dan dokumentasi.
Instumen yang digunakan dalam bentuk skala Likert. Data dianalisis dengan
menggunakan Pearson Product Moment.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa antara kreativitas guru dalam mengajar
bahasa Arab dengan minat belajar siswa diperoleh hasil perhitungan dengan uji
hipotesis dalam penelitian ini diperoleh besarnya nilai Correlation is significant at
the 0.01 level (2-tailed) kreativitas guru dengan minat belajar siswa sebesar 0,852
dengan P-value 0,000. Berdasarkan hal tersebut maka Ho ditolak dan H1 diterima.
Dengan jumlah data sebanyak 35 (n=35), maka diperoleh r table pada α = 0,05
sebesar 0,325. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r table (0,852
> 0,325). Maka dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,852 adalah
signifikan. Maka secara umum bahwa terdapat hubungan anatara kreativitas guru
mengajar bahasa Arab dengan minat belajar siswa kelas VIII C SMP
Muhammadiyah 2 Gamping Yogyakarta