View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN PROJECT WORK DALAM PEMBELAJARAN KAIWA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (137.5Kb)
      HALAMAN JUDUL (286.1Kb)
      PERNYATAAN (5.635Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (254.3Kb)
      ABSTRAK (154.5Kb)
      BAB I (230.0Kb)
      BAB II (364.1Kb)
      BAB III (575.1Kb)
      BAB IV (92.63Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (91.11Kb)
      LAMPIRAN (2.040Mb)
      SINOPSIS JEPANG (331.0Kb)
      Date
      2017
      Author
      WULANDARI, WULANDARI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini menganalisis penggunaan Project Work dalam pembelajaran Jitsuyou Kaiwa untuk mengembangkan keterampilan bahasa, motivasi dan keaktifan mahasiswa. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Program Pendidikan Bahasa Jepang pada tanggal 9 Desember 2016 dengan sepuluh orang responden menunjukkan bahwa (70%) menganggap bahwa, memecahkan suatu masalah dalam pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan media internet. Dengan adanya teknologi informasi yang semakin lama semakin praktis menjadikan mahasiswa lebih individualis. Sedangkan di dalam project work setiap tahapannya memiliki unsur kerjasama. Penelitian ini bermaksud untuk menelaah proses implementasi project work dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kombinasi dimana data kualitatif dan kuantitatif saling melengkapai satu sama lain. Peneliti dapat memperoleh data melalui observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang didapat melalui observasi, angket dan wawancara, dapat diberi kesimpulan bahwa, terdapat kesinambungan antara pembelajaran project work dengan keterampilan bahasa Jepang, motivasi dan keaktifan mahasiswa. Melalui project work, mahasiswa akan bekerja secara berkelompok, dimana mereka akan berdiskusi mengenai suatu topik, dan memecahkan masalah dalam topik tersebut, sehingga akan dipaparkan melalui presentasi. Model pembelajaran tersebut juga dapat menumbuhkan nilai-nilai yang hendak dibangun dalam soft skills seperti, memecahkan suatu masalah, kreativitas, inovasi, kerjasama kelompok, kemampuan berkomunikasi dan presentasi. Hal tersebut didukung oleh data angket nomor 13 bahwa (51,4%) menjawab setuju adanya project work dapat melatih mahasiswa untuk memecahkan suatu masalah. Data angket nomor 14 menyatakan bahwa (72,8%) menjawab setuju adanya penerapan project work dapat melatih mahasiswa lebih kreatif. Data angket nomor 15 menyatakan bahwa (93,9%) setuju adanya project work dapat melatih kerjasama kelompok. Sedangkan data angket nomor 16 menyatakan bahwa (93,9%) setuju adanya project work dapat melatih mahasiswa dalam berkomunikasi. Berdasarkan penelitian ini, project work disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran berbicara dalam bahasa Jepang.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11893
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV