View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN MIOPIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (32.91Kb)
      HALAMAN JUDUL (414.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (198.9Kb)
      ABSTRACT (155.6Kb)
      BAB I (108.4Kb)
      BAB II (244.4Kb)
      BAB III (105.3Kb)
      BAB IV (27.70Kb)
      BAB V (8.862Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (17.77Kb)
      LAMPIRAN (263.9Kb)
      Date
      2017-02-25
      Author
      PRAHANTYO, RIDHAM ISMU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Kelainan refraksi adalah keadaan dimana bayangan tegas tidak dibentuk pada retina tetapi di bagian depan atau belakang bintik kuning dan tidak terletak pada satu titik yang tajam. Kelainan refraksi merupakan salah satu penyebab kebutaan yang mudah dideteksi, diobati dan dievaluasi dengan pemberian kacamata. Sekitar 10% dari anak usia sekolah (5-19 tahun) menderita kelainan refraksi sedangkan angka pemakaian kacamata koreksi sampai saat ini masih rendah yaitu 12.5%. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan miopia terhadap prestasi akademik dengan membandingkan nilai prestasi anak yang menderita miopia dan anak yang tidak menderita miopia Metode: Observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional Hasil: Subjek penelitian ini adalah 77 anak SD muhammadiyah sagan kelas 3 sampai kelas 6 yang dibagi menjadi kelompok emetrop dan kelompok miopia. Hasil penelitian menunjukkan nilai raport anak emetrop lebih baik dibandingkan anak miopia. Namun, hasil analisis uji T tidak berpasangan menunjukkan tidak didapatkan hubungan secara signifikan untuk prestasi belajar antara anak miopia dengan anak tidak miopia (P = 0.147). Hasil penelitian menunjukkan nilai anak miopia terkoreksi lebih tinggi dibandingkan anak miopia tidak terkoreksi. Namun, hasil analisis uji T tidak berpasangan menunjukkan tidak didapatkan hubungan secara signifikan untuk prestasi belajar antara anak miopia terkoreksi dan tidak terkoreksi (P = 0.266). Kesimpulan: Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa antara prestasi akademik dan miopia tidak berhubungan secara signifikan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menghitung jumlah buku yang dibaca anak setiap harinya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11955
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV