PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PEMBIAYAAN MUSYARAKAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan anggota pembiayaan musyarakah pada KSPPS BMT Surya Asa
Artha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi dari
penelitian ini adalah anggota pembiayaan musyarakah, jumlah sampel yang
digunakan sebanyak 50 responden yang diambil menggunakan teknik random
sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan kualitas pelayanan yang
terdiri dari buktifisik (tangibles), kehandalan (reliability), jaminan (assurance) dan
empati (empathy) berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kepuasan anggota
pembiayaan musyarakah pada KSPPS BMT Surya Asa Artha, sedangkan daya
tanggap (responsiveness) tidak berpengaruh terhadap kepuasan anggota
pembiayaan musyarakah, karena daya tanggap (responsiveness) memiliki nilai
signifikansi 0,134 > 0,05 yang artinya nilai daya tanggap lebih besar dari 0,05
sehingga kualitas pelayanan dengan variabel daya tanggap belum dapat mendorong
kepuasan anggota pembiayaan musyarakah pada KSPPS BMT Surya Asa Artha.
Secara simultan kualitas pelayanan pembiayaan musyarakah memiliki nilai
signifikan 0,000 sehingga dapat disimpulkan secara simultan atau bersama-sama
variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari buktifisik (tangibles), kehandalan
(reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati
(empathy) berpengaruh terhadap kepuasan anggota pembiayaan musyarakah pada
KSPPS BMT Surya Asa Artha.