PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENETAPAN HARGA JUAL TERHADAP MINAT NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin majunya perkembangan perekonomian saat ini, yang dahulunya Lembaga Keuangan Syariah masih diragukan, kini dengan maraknya kebutuhan ekonomi yang kian meningkat, maka Lembaga Keuangan Syariah seperti Baitul Maal wa Tamwil kini mulai diperhitungkan, karena BMT ini lebih merakyat yaitu kebanyakan untuk para golongan masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi menengah kebawah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan penetapan harga jual terhadap minat nasabah pembiayaan murabahah. Obyek penelitian ini adalah BMT Citra Buana Syariah Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan didistribusikan untuk anggota (nasabah) yang melakukan pembiayaan murabahah di BMT CBS Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif sedangkan data yang digunakan adalah data primer, yang diambil dari anggota (nasabah) BMT CBS Yogyakarta yang telah menjadi nasabah pembiayaan murabahah. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda yang diuji menggunakan software SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan antara kualitas pelayanan dan penetapan harga jual terhadap minat nasabah pembiayaan murabahah. Dari hasil yang telah diuji bahwa kualitas pelayanan dan penetapan harga jual sangat menentukan minat nasabah untuk melakukan pembiayaan murabahah. Kualitas pelayanan yang baik dan harga yang murah akan menyebabkan ketertarikan, keinginan, dan keyakinan untuk melakukan pembiayaan murabahah di BMT Citra Buana Syariah. Faktor yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah penetapan harga jual dibandingkan dengan kualitas pelayanan.