FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NASABAH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MEMILIH BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi nasabah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memilih bank syariah. Variabel Independen terdiri dari Produk (X1), Kualitas Pelayanan (X2), Promosi (X3), dan Reputasi Bank (X4). Variabel dependent adalah Keputusan Nasabah UMKM Memilih Bank Syariah. Sampel berjumlah 38 responden yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data untuk pengujian hipotesis berupa uji t, Uji F dan R2 beserta uji kebaikan model sekaligus Uji asumsi klasik terlebih dahulu dengan menggunakan program SPSS 15.0.
Dalam uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item valid dan reliabel. Dalam asumsi klasik yaitu uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sekaligus terbebas dari multikolonieritas dan heteroskedastisitas. Berdasarkan dari hasil validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik didapatkan bahwa data baik, sehingga dapat dilankutkan uji regresi linier berganda. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan reputasi berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah UMKM memilih bank syariah, sedangkan produk dan promosi berpengaruh negatif terhadap keputusan nasabah UMKM memilih bank syariah.