STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal (kekuatan-kelemahan) dan faktor eksternal (peluang-ancaman) pengembanan objek wisata Lepo. Faktor-faktor tersebut akan digunakna untuk merumuskan strategi pengembangan objek wisata yang tepat untuk pengembangan objek wisata Lepo dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat sekitar. Perumusan strategi pengembangan objek wisata Lepo akan menggunakan analisis SWOT. Subjek dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Lepo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan dan peluang pengembangan objek wisata Lepo lebih dominan daripada kelemahan dan ancaman, sehingga strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangan objek wisata adalah pemanfaatan kekuatan dan peluang dengan sebaik-baiknya. Inovasi penawaran wisata perlu dilakukan dalam pengembangan objek wisata Lepo supaya pengunjung tidak merasa bosan. Modal potensi alam yang ada di objek wisata dapat menjadi modal dasar untuk pengembangan objek wisata Lepo. Potensi alam yang ada perlu dijaga karena potensi alam ini merupakan daya tarik terbesar di objek wisata Lepo.