View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH EDUKASI TENTANG KEBERSIHAN SARANA DAN PRASARANA RUMAH SAKIT DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN PETUGAS KEBERSIHAN DI RS. HIDAYATULLAH DAN RS. NUR HIDAYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (51.50Kb)
      HALAMAN JUDUL (102.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (221.3Kb)
      ABSTRAK (39.13Kb)
      BAB I (104.3Kb)
      BAB II (125.5Kb)
      BAB III (69.77Kb)
      BAB IV (91.31Kb)
      BAB V (31.66Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (37.31Kb)
      LAMPIRAN (133.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (425.7Kb)
      Date
      2017-02-15
      Author
      NADHIRA, IKA ANIS NUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang : Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Peran preventif rumah sakit salah satunya adalah mencegah timbulnya infeksi nosokomial yang disebut dengan Healthcare Associated Infections (HAIs). Kebersihan sarana dan prasarana merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya (HAIs), sehingga pengetahuan petugas kebersihan mengenai kebersihan sarana dan prasarana sangatlah penting. Berdasarkan data WHO tahun 2005 diperoleh data proporsi kejadian Infeksi nosokomial meningkat sekitar 9% pada pasien rawat inap di seluruh dunia dan di Indonesia meningkat sebesar 39% - 60%. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh edukasi tentang kebersihan sarana dan prasarana rumah sakit dalam meningkatkan pengetahuan petugas kebersihan di RS. Hidayatullah dan RS. Nur Hidayah Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Pre-test Post-test Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu para petugas kebersihan di RS. Hidayatullah yang berjumlah 12 orang dan petugas kebersihan di RS. Nur Hidayah yang berjumlah 15 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis Wilxocon untuk melihat pengaruh pemberian perlakuan terhadap kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil dan Pembahasan: Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan pada kelompok perlakuan yang ditunjukkan dengan nilai rerata pre-test 5,67 dan post-test 8,92, sedangkan pada kelompok kontrol tingkat pengetahuan tidak mengalami perubahan yang signifikan yang ditunjukkan dengan nilai rerata pre-test 8,13 dan nilai rerata post-test 8,60. Pada penelitian ini didapatkan hasil nilai P pada kelompok perlakuan( p=0,034 atau p<0,05) dan pada kelompok kontrol nilai P yaitu (p= 0,705 atau p>0,05). Kesimpulan: Edukasi terbukti berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan petugas kebersihan di RS. Hidayatullah dan RS. Nur Hidayah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12164
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV