View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN ANTARA KORBAN BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA USIA 12-15 TAHUN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (140.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (474.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (219.6Kb)
      ABSTRAK (290.0Kb)
      BAB I (345.1Kb)
      BAB II (304.9Kb)
      BAB III (361.1Kb)
      BAB IV (265.8Kb)
      BAB V (105.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (313.9Kb)
      LAMPIRAN (544.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (107.8Kb)
      Date
      2016-12-30
      Author
      LARASATI, AJENG AYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Bullying merupakan risiko serius untuk psikososial dan penyesuaian akademis baik untuk korban maupun pelaku. Korban bullying cenderung mengalami kemunduran prestasi yang cukup signifikan dibanding dengan pelakunya. Hal ini disebabkan karena ketakutan akan diolok-olok, dipermalukan, diancam, dan disakiti akan mempengaruhi kemampuan belajar siswa yang menjadi korban. Selain itu, kecemasan, rasa takut untuk pergi ke sekolah, perasaan tidak aman dan tidak bahagia di sekolah, dan penurunan harga diri semuanya merupakan konsekuensi berulang bagi korban bullying. Masa remaja awal merupakan masa yang sangat rentan untuk melakukan tindak bullying dibuktikan dengan sebuah survey pada tahun 2007 dengan hasil 40% murid berusia 13-15 tahun di Indonesia melaporkan telah diserang secara fisik selama 12 bulan terakhir di sekolah mereka. Penelitian ini diperlukan untuk mengetahui hubungan antara korban bullying dengan prestasi belajar pada remaja usia 12-15 tahun di Yogyakarta. Metode : Penelitian ini dilakukan secara observasional dengan pendekatan crosssectional dan dikaji secara analitik. Penelitian ini melibatkan sampel sejumlah 104 responden terdiri dari siswa kelas VII dengan rentang usia 12-15 tahun. Responden diminta untuk mengisi The Revised Olweus Bully/Victim Questionnaire yang berisi 22 butir pernyataan. Sebelumnya para responden dijelaskan mengenai jalannya penelitian dan mengisi informed consent. Hasil : Nilai rerata instrumen The Revised Olweus Bully/Victim Questionnaire yang diisi oleh responden adalah 22,86. Hasil analisis uji Spearman pada data tersebut didapatkan nilai signifikansi atau nilai p = 0,632 yang berarti kedua variabel tidak memiliki hubungan yang bermakna.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12169
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV