PENGUJIAN PROTOTYPE ALAT KONVERSI ENERGI MEKANIK DARI LAJU KENDARAAN SEBAGAI SUMBER ENERGI LISTRIK DENGAN VARIASI PEMBEBANAN
Abstract
Kebutuhan energi yang semakin tinggi dan perkembangan teknologi yang
meningkat, mengakibatkan kebutuhan akan energi listrik juga semakin besar. Hal
ini dapat menyebabkan terjadinya kekurangan energi listrik apabila tidak ada
upaya – upaya penambahan pasokan energi. Pembangkit listrik yang ada
kebanyakan menggunakan bahan bakar fosil. Hal tersebut mendorong untuk
menciptakan energi alternatif berbasis speed bump. Prototipe alat konversi energi
mekanik dari laju kendaraan yang telah dirancang sebelumnya bertujuan untuk
menghasilkan energi listrik dengan berbasis speed bump. Penelitian ini bertujuan
untuk menyelidiki pengaruh variasi beban terhadap daya listrik yang dihasilkan
oleh alat konversi energi mekanik dari laju kendaraan.
Alat yang digunakan pada penelitian ini menggunakan prototipe speed
bump alat yang dirancang sebelumnya. Beban yang digunakan berupa beban dari
manusia yang menginjak / melintasi speed bump. Variasi beban yang digunakan
sebesar 55 kgf, 60 kgf, 63 kgf, 65 kgf, 70 kgf, 75 kgf, 80 kgf, 90 kgf, 95 kgf, 100
kgf. Beban pengujian diukur menggunakan timbangan badan, sedangkan arus dan
tegangan diukur menggunakan multimeter. Arus dan tegangan yang terukur
digunakan untuk mencari daya listrik keluaran.
Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa semakin
besar beban yang digunakan maka semakin besar daya yang dihasilkan. Hasil
yang diperoleh pada beban terkecil 55 kgf menghasilkan nilai tegangan sebesar
1,7 Volt dan arus 0,041 Ampere sehingga daya yang dihasilkan adalah 0,070
Watt, sedangkan pada beban terbesar 100 kgf menghasilkan tegangan 2,6 volt dan
arus 0,056 Ampere dengan hasil daya 0,146 Watt.