View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH KEBUMEN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (45.80Kb)
      HALAMAN JUDUL (357.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (397.9Kb)
      ABSTRAK (191.0Kb)
      BAB I (287.8Kb)
      BAB II (365.9Kb)
      BAB III (478.0Kb)
      BAB IV (1.097Mb)
      BAB V (222.4Kb)
      LAMPIRAN (1.477Mb)
      Date
      2017
      Author
      NIDA, UMAMI KHUSNUN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran setelah diterapkannya model pembelajaran make a match, (2) untuk membuktikan apakah dengan model pembelajaran make a match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Kebumen (3) Untuk membuktikan apakah dengan model pembelajaran make a match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Kebumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Sa’id SD Muhammadiyah kebumen, tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan suatu tindakan reflektif guna untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dan observasi aktivitas guru, (2) tes hasil belajar, hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki oleh siswa, (3) dokumentasi ini mengunakan foto-foto pada saat proses pembelajaran berlangsung.(4) wawancara, hal ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi tentang permasalah yang terdapat di dalam kelas. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) siswa terlihat antusias dalam pembelajaran karena model pembelajaran yang berbeda dengan pembelajaran biasanya yaitu tidak hanya mendengarkan penjelasan guru saja namun siswa juga bisa bermain (2) terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa, pada siklus I dengan rata-rata 67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79%. (2) peningkatan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 86, dan pada siklus II menjadi 92. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di SD Muhammadiyah Kebumen.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12342
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV