View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KESULITAN PEMBELAJARAN IBADAH SHOLAT ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL SKRIPSI Diajukan untuk

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (105.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (539.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (402.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (402.7Kb)
      ABSTRAK (6.782Kb)
      BAB I (170.4Kb)
      BAB II (326.6Kb)
      BAB III (88.29Kb)
      BAB IV (404.9Kb)
      BAB V (88.12Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (157.8Kb)
      LAMPIRAN (153.9Kb)
      Date
      2017
      Author
      RAHMAWATI, DIAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelaaran dan menganalisis kesulitan pembelajaran ibadah sholat pada anak tunarungu, dan mengajarakan anak tunarungu di SLB Negeri 2 Bantul, tentang materi, penggunaan metode, melatih gerakan sholat, melatih hafalan sholat. Alasan dilakukan penelitian ini adalah karena anak tunarungu yang terganggu pendengarannya menyebabkan anak sulit menerima materi, sehingga apakah guru mengalami kesulitan saat mengajarkan dan bagaimana cara guru mengatasinya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan di SLB Negeri 2 Bantul. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kurikulum 2013 yang dimodifikasi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan saat mengajarkan ibadah shalat yaitu ceramah, demonstrasi disertai bahasa isyarat. Melatih gerakan dengan mempraktekkan langsung di hadapan anak-anak dan melatih hafalan dengan menulis di papan tulis dan mengulang-ulang. 2) Kesulitan yang dialami guru saat pembelajaran ibadah sholat yaitu menyampaikan materi secara lisan, untuk melatih menghafal, daya ingat anak tunarungu yang lemah, menyesuaikan gerakan sholat dengan bacaan sholat. 3) Guru mengupayakan saat menjelaskan materi menggunakan suara yang lantang dan disertai bahasa isyarat, mengulang-ulang bacaan sholat, memicu daya ingat anak dengan memberikan sedikit kode.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12352
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV