View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      NILAI – NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PENCERAH KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA TERHADAP DAKWAH MUHAMMADIYAH

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (132.5Kb)
      NOTA DINAS (2.618Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (2.490Mb)
      HALAMAN PERNYATAAN (2.320Mb)
      DAFTAR ISI (190.5Kb)
      ABSTRAK (69.43Kb)
      BAB I (93.19Kb)
      BAB II (141.2Kb)
      BAB III (59.14Kb)
      BAB IV (384.1Kb)
      BAB V (110.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (170.0Kb)
      Date
      2017
      Author
      RIANDONO, RENDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dan untuk mengetahui relevansi nilai – nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral terhadap dakwah Muhammadiyah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), menggunakan metode kualitatif non interaktif (analisis dokumen), dengan pendekatan sastra yaitu pendekatan objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai – nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral terdiri dari nilai pendidikan aqidah, nilai pendidikan akhlak, dan nilai pendidikan syariah. Adapun Relevansi antara nilai – nilai pendidikan Islam dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral terhadap dakwah Muhammadiyah diantaranya yang pertama yaitu nilai pendidikan aqidah yang membahas mengenai perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dalam berdakwah dan tuduhan – tuduhan dari masyarakat Kauman atas sarana maupun metode beliau dalam menyampaikan ajaran agama Islam yang dianggap kafir. Kedua, nilai pendidikan akhlak yang membahas mengenai kezhaliman Kiai Penghulu Kholil Kamaludiningrat dan orang – orang suruhannya yang telah menghancurkan langgar kidul milik K.H. Ahmad Dahlan. Ketiga, nilai pendidikan syari’ah yang membahas mengenai cara berpakaian K.H. Ahmad Dahlan yang menyerupai orang – orang kafir Belanda, sehingga menimbulkan fitnah terhadap K.H. Ahmad Dahlan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12368
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV