View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI IMPLEMENTASI PEMBINAAN AKHLAK ANAK DI PANTI ASUHAN AL-HIKMAH DESA PLUPUH, CANGKRINGAN, SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (96.92Kb)
      HALAMAN JUDUL (487.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (566.2Kb)
      ABSTRAK (83.60Kb)
      BAB I (268.0Kb)
      BAB II (410.2Kb)
      BAB III (183.0Kb)
      BAB IV (369.5Kb)
      BAB V (205.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (11.12Kb)
      LAMPIRAN (822.0Kb)
      Date
      2017
      Author
      NINGTYAS, LYA HERDIA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengevaluasi implementasi pembinaan akhlak anak yang berada di Panti Asuhan Al-Hikmah. 2) Mengevaluasi input pembinaan akhlak anak di Panti Asuhan Al-Hikmah. 3) Mengevaluasi proses pembinaan akhlak anak yang berada di Panti Asuhan Al-Hikmah. 4) Mengevaluasi produk akhlak anak yang berada di Panti Asuhan Al-Hikmah Desa Plupuh, Cangkringan, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif (evaluatif research) yang bertujuan untuk mengukur manfaat, sumbangan dan kelayakan progam atau kegiatan tertentu. Penelitian ini dilakukan menggunakan model evaluasi CIPP oleh Stufflebeam dengan menganalisis komponen konteks, input, proses, produk. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) evaluasi implementasi pembinaan akhlak anak ditinjau dari konteks yaitu bertujuan mempunyai akhlak yang mulia, akhlak terhadap Allah Swt., akhlak terhadap Rasulullah saw., akhlak kepada lingkungan, berbakti kepada orang tua, menjadi sopan santun, mempunyai perilaku yang baik. Konteks menunjukkan hasil yang yang efektif. 2) Evaluasi ditinjau dari input yaitu materi yang disampaikan disesuaikan dengan kemampuan dari setiap pengasuh. Sarana dan prasarana yang tersedia yaitu tempat tinggal dan mushola. Input menujukkan hasil yang efektif. 3) Evaluasi ditinjau dari proses meliputi, metode yang digunakan dalam pembinaan yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, tanya jawab. Proses menunjuukkan hasil yang kurang efektif. 4) Produk yaitu memenuhi kebutuhan jasmani maupun rohani, memberikan kepribadian yang baik, dan dapat mengamalkan ajaran agama Islam. Produk dalam pembinaan menunjukkan hasil yang efektif.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12387
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV