View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (68.74Kb)
      HALAMAN JUDUL (878.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (1.499Mb)
      ABSTRAK (154.1Kb)
      BAB I (193.1Kb)
      BAB II (333.2Kb)
      BAB III (417.3Kb)
      BAB IV (1.106Mb)
      BAB V (86.69Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (210.3Kb)
      LAMPIRAN (551.2Kb)
      Date
      2017
      Author
      ARGIYANA, NOVA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan penelitian ditujukan untuk mengetahui apakah ada peningkatan untuk kecerdasan spiritual dan emosional siswa pada mata pelajaran Aqidah kelas VIII C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun ajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan kecerdasan spiritual dan emosional siswa berupa lembar observasi dan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Adapun persentase kecerdasan spiritual dan emosional siswa siklus I SQ sebesar 75.76 meningkat menjadi 80.10 dan EQ sebesar 66.13 meningkat menjadi 73.28, sedangkan nilai rata-rata ketuntasan SQ sebesar 56.67% meningkat menjadi 89.66% dan EQ dari 40% meningkat menjadi 82.76 pada siklus II ini sudah melebihi indikator keberhasilan yaitu 75 %. Hal ini menandakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CTL dapatmeningkatkan SQ dan EQ siswa. Aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung sudah termasuk dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata keaktifan siswa dari siklus I 66.43% meningkat menjadi 82.03%.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12397
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV