View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 GALUR

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (159.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.878Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (651.2Kb)
      ABSTRAK (130.9Kb)
      BAB I (175.9Kb)
      BAB II (279.6Kb)
      BAB III (381.7Kb)
      BAB IV (587.4Kb)
      BAB V (8.441Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (91.87Kb)
      LAMPIRAN (9.787Mb)
      Date
      2017
      Author
      ABDILLAH, HAFIZH ZAIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Galur. Apakah terjadi peningkatan hasil belajar pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan strategi two stay two stray dan metode mind mapping jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan? Jenis penelitian yang dipakai adalah quasi experiment dengan desain penelitian Non Randomized Pretest – Posttest Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan metode two stay two stray dan metode mind mapping sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan agama Islam. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Galur. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa peserta mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII C berjumlah 26 siswa dan kelas D berjumlah 26 siswa di SMP Negeri 1 Galur. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil purposive sampling diperoleh kelas VIII C menjadi kelas eksperimen dan kelas VIII D menjadi kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa hasil belajar pendidikan agama Islam, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktivitas peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample test dan uji paired sample test dengan didahului uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogentitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan metode mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji independent sample test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 86,77 lebih baik daripada hasil rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 79,38. Hasil uji paired sample test menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Hasil rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 86,77 lebih baik daripada hasil rata-rata nilai pretest yaitu 71,23. Maka dapat dinyatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan metode mind mapping berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12401
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV