PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TERHADAP AKHLAK PENGGUNAAN HANDPHONE (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SEDAYU DAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap siswa
terhadap akhlak penggunaan handphone Siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sedayu
dan Siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Moyudan serta mengetahui
perbedaan pengetahuan dan sikap siswa terhadap akhlak penggunaan handphone
oleh siswa SMK Negeri 1 Sedayu dan SMK Muhammadiyah 2 Moyudan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penentuan sumber data
penelitian dilakukan secara proposive pada guru bimbingan konseling masingmasing
sekolah dengan mengambil 3 siswa dari SMK Negeri 1 Sedayu dan 3
Siswa dari SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Pengumpulan data menggunakan
metode wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis mengguanakan
analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pengetahuan dan sikap siswa tentang
akhlak penggunaan handphone SMK Negeri 1 Sedayu masih tergolong rendah,
Mereka , mereka mengetahui dan menyadari adanya dampak negative dari
penggunaan handphone akan tetapi sebagian dari mereka mengabaikan dampak
positif dan negative tersebut. Selain itu sikap mereka terhadap penggunaan
handphone di sekolah masih kurang baik, mereka acuh karena di sekolah tidak ada
peraturan tertulis yang menyatakan larangan menggunakan handphone di
lingkungan sekolah; (2) Pengetahuan dan sikap siswa tentang akhlak penggunaan
handphone SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tergolong lebih baik dari SMK
Negeri 1 Sedayu, mereka mengetahui dan menyadari adanya dampak negative
dari penggunaan handphone sehingga mereka membatasi diri untuk menggunakan
handphone secara berlebihan. sikap siswa dalam menggunakan handphone di
sekolah juga sedikit lebih menghargai peraturan yang ada, dibuktikan dengan
sebagian dari siswa tetap mematikan handphone pada saat jam pelajaran
walaupun banyak juga siswa yang tetap memakai handphone tersebut secara
diam-diam; (3) Perbedaan penggunaan handphone siswa kedua sekolah tersebut
terhadap akhlak penggunaan handphone adalah sebagai berikut: (a) SMK Negeri
1 Sedayu memperbolehkan siswa menggunakan handphone di lingkungan
sekolah, sedangkan SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tidak memperbolehkan
siswa menggunakan handphone ketika pelajaran dimulai; (b) Siswa SMK Negeri
1 Sedayu tergolong siswa-siswa yang menggunakan handphone dengan intensitas
yang tinggi dan belum terkontrol dengan baik, sedangkan siswa SMK
Muhammadiyah 2 Moyudan tergolong siswa-siswa yang menggunakan
handphone dengan intensitas sedang dan terkontrol dengan baik; (c) Siswa SMK
Negeri 1 Sedayu belum menggunakan fasilitas aplikasi handphone dalam hal
positif secara maksimal, sedangkan siswa SMK Muhammadiyah 2 Moyudan
dapat menggunakan fasilitas dengan baik.