PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ISMUBA PADA ANAK YANG ORANG TUANYA BERCERAI DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar
Ismuba pada anak yang orang tuanya bercerai di SMP Muhammadiyah
Kasihan, menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar
Ismuba pada anak yang orang tuanya bercerai di SMP Muhammadiyah
Kasihan .
Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang orang tuanya telah bercerai,
sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 orang, teknik
pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu teknik penentuan
sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Pengumpulan data menggunakan tes tertulis, angket, wawancara dan
observasi. Uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas
menggunakan alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan. 1)Motivasi Belajar siswa SMP
Muhammadiyah Kasihan berada pada kategori sedang (43%). 2)Prestasi
Belajar siswa SMP Muhammadiyah Kasihan pada kategori sedang (38%).
Tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap
prestasi belajar Ismuba pada anak yang orang tuanya bercerai di SMP
Muhammadiyah Kasihan ditunjukkan dengan distribusi 0,72% dalam
mempengaruhi prestasi belajar Ismuba siswa SMP Muhammadiyah
Kasihan. Dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar Ismuba sebesar 0,72% dan 92,8%
dipengaruhi oleh faktor lain.