PENGARUH TRANSPARANSI DALAM PAJAK, PERSEPSI ATAS EFEKTIFITAS SISTEM PERPAJAKAN, KUALITAS PELAYANAN FISKUS, NORMA EKSPEKTASI TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Transparansi dalam Pajak, Persepsi atas Efektifitas Sistem Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Norma Ekspektasi yang terdiri dari Norma Sosial dan Norma Moral terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan media kuesioner. Kuesioner diberikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Klaten. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling, kuesioner yang disebar sebanyak 130 sedangkan kuesioner yang dapat diolah sebanyak 124 kuesioner. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian adalah regresi linier berganda menggunakan SPSS 15.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi atas Efektifitas Sistem Perpajakan serta Norma Moral berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak, sementara Transparansi dalam Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Norma Sosial tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.