View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA BELAJAR DENGAN PENINGKATAN PARTISIPASI TUTORIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (189.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (731.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (218.7Kb)
      ABSTRACT (180.3Kb)
      BAB I (562.6Kb)
      BAB II (214.1Kb)
      BAB III (421.9Kb)
      BAB IV (191.8Kb)
      BAB V (274.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (291.9Kb)
      LAMPIRAN (582.9Kb)
      Date
      2016-12-31
      Author
      SUKMA, BERLIAN NILA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar belakang : Perkembangan zaman berpengaruh dalam perkembangan dunia pendidikan kedokteran. Salah satunya yaitu penggunaan smartphone yang merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak manfaat. Smartphone berfungsi meringankan segala pekerjaan penggunanya dengan fasilitas dan aplikasi yang tersedia. Menggunakan smartphone seseorang dapat mengakses informasi dengan mudah melalui internet. Berkembangnya penggunaan smartphone dapat mempengaruhi dunia pendidikan dokter yaitu dengan tersedianya akses informasi tentang kedokteran yang dengan mudah dan cepat melalu internet dengan smartphone. Smartphone membantu mahasiswa kedokteran dalam mencari informasi yang valid, cepat serta mudah sebagai bahan belajar. Metode : Metode yang di gunakan adalah metode non eksperimental, cross sectional dengan membagikan kuesioner tentang aktifitas penggunaan smartphone kepada 200 mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah tahun kedua dan tahun ketiga yang di bagi menjadi 100 mahasiswa untuk setiap angkatan. Kemudian data yang diperoleh di hubungkan dengan partisipasi mahasiswa dalam tutorial yang dilihat melalui nilai harian yang di berikan dalam aktivitas tutorial mahasiswa menggunakan uji analitik hubungan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan smartphone dengan peningkatan partisipasi mahasiswa. Hasil : Prevalensi hasil menunjukan dari 200 mahasiswa yang mengikuti penelitian, 129 (64,5%) mahasiswa menunjukan terdapat hasil sangat memuaskan pada penggunaan smartphone dan peningkatan partisipasi tutorial, 68 (34%) mahasiswa mendapatkan hasil memuaskan, dan 4 (1,5%) mahasiswa mendapatkan hasil kurang. Didapatkan p: 0,450. Kesimpulan : Smartphone dapat digunakan sebagai salah satu media belajar bagi mahasiswa kedokteran karena dari penelitian terbukti terdapat pengaruh positif terhadap penggunaan smartphone dan peningkatan partisipasi mahasiswa.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12528
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV