View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 DI PUSKESMAS WILAYAH KABUPATEN SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (91.65Kb)
      BAB I (171.5Kb)
      BAB II (230.4Kb)
      BAB III (193.9Kb)
      BAB IV (487.7Kb)
      BAB V (92.55Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (217.9Kb)
      COVER (302.6Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (302.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (256.6Kb)
      Date
      2017-03-08
      Author
      NURYATI, SRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Adanya regulasi fasilitas kesehatan tingkat pertama harus terakreditasi mengakibatkan minat puskesmas untuk meneruskan sertifikasi ISO 9001:2008 menurun.Tujuan: Mengetahui gambaran Implementasi Sistem Mangement Mutu ISO 9001:2008 di Puskesmas wilayah Kabupaten Sleman, kepuasan pelanggan serta persepsi Kepala Puskesmas terhadap implementasi SMM ISO 9001:2008. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan mixed method research, gabungan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain studi cross sectional. Penelitian kuantitatif untuk mengetahui gambaran implementasi SMM ISO 9001:2008. Penelitian kualitatif memperkuat analisis penelitian. Subjek penelitian, sebanyak 25 orang MR puskesmas mengisi kuesioner terkait implementasi SMM ISO 9001:2008. Wawancara mendalam dengan pejabat struktural yang berwewenang dalam penerapan SMM ISO 9001:2008. Hasil dan Pembahasan: Kondisi fisik bangunan 100% sudah sesuai prototipe dari Dinas Kesehatan. Rerata capaian utilitas sarana prasana 71%., aspek sarana 77,2%, komitmen petugas 77,5%, perencanaan & logostik 88%, review dokumen 78,86%, administrasi SMM 74,33%, audit 86,6%, sasaran mutu & kepuasan pelanggan 98,3%. Adanya persepsi dari puskesmas yang menyatakan tujuan dari SMM ISO 9001:2008 dan akreditasi adalah sama untuk menstandarkan sistem pelayanan di puskesmas. Meskipun kepala puskesmas menghendaki menggunakan satu sistem yakni akreditasi namun Dinas Kesehatan sepertinya menginginkan hal yang berbeda. Kesimpulan: Kebijakan reformasi birokrasi SMM ISO 9001:2008 di puskesmas, menjadi alasan kuat untuk merehabilitasi bangunan fisik semua puskesmas. Aspek proses: Manajemen Organisasi di Puskesmas sudah memenuhi 8 klausul persyaratan dalam implementasi SMM ISO 9001:2008. Aspek outcome: Sasaran mutu merupakan indikator keberhasilan, penerapan SMM ISO 9001:2008. SMM ISO meningkatkan kepuasan pelanggan, penerapan SMM ISO 9001:2008 di puskesmas 48% kriteria baik, kriteria kurang sebesar 8%. Adanya perbedaan persepsi Puskesmas dan Dinas Kesehatan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12529
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV