PENGARUH ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS (ANDALALIN) TERHADAP BERPINDAHNYA PEMBANGUNAN APARTEMEN TAMAN MELATI
Abstract
Permasalahan seperti lalu lintas, kemacetan, kecelakaan, polusi udara dan tundaan sering ditemukan dengan tingkat kuantitas lalu lintas yang rendah maupun besar. Permasalahan tersebut sering kita temui bukan hanya di provinsi saja, tetapi ada beberapa kota, kabupaten ataupun desa di Indonesia juga terkena permasalahan transportasi. Dalam rangka mendukung pembangunan di wilayah Yogyakarta maka dibutuhkan banyak fasilitas pendukung seperti hotel, apartemen, mall dan sebagainya untuk itu diperlukan (ANDALALIN) Analisis dampak lalu lintas.
Analisis dampak lalu lintas (ANDALALIN) sebagai kajian efek – efek yang ditimbulkan akibat pengembangan tata guna lahan terhadap sistem pergerakan arus lalu lintas pada suatu ruas jalan terhadap jaringan transportasi di sekitarnya yang bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja lalu lintas di sekitar Jalan Prof. dr. Sardjito, menghitung derajat kejenuhan dan tundaan di sekitar Jalan Prof. dr. Sardjito, memberikan kesimpulan apakah keadaan lalu lintas di sekitar Jalan Prof. dr. Sardjito mempengaruh berpindahnya Pembangunan Apartemen Taman Melati dan memberikan kemungkinan dan solusi yang dapat direkomendasikan apabila akan tetap dilakukan Pembangunan Apartemen Taman Melati Jalan Prof. dr. Sardjito.
Metode penelitian ini dilakukan dengan cara mensurvey volume lalu lintas, data geometrik jalan, kondisi lingkungan, pengaturan lampu lalu linta dan data jumlah penduduk yang kemudian data direkap dan dihitung menggunakan MKJI 1997. Hasil penelitian ini didapat untuk derajat kejenuhan pada Ruas Jalan Prof. dr. Sardjito pada Hari Sabtu 0.374 dan untuk Hari Senin 0.362 untuk dua hari tersebut termasuk tingkat pelayanan B yang berarti baik. Karena pada Simpang Bersinyal Mirota Kampus UGM dan Jetis tundaan samping tidak baik maka dilakukan perancangan ulang dengan alternatif 1 yaitu perancangan ulang waktu siklus dan alternatif 2 yaitu perancangan ulang waktu siklus dan penambahan lebar efektif. Maka didapat tundaan simpang yang baik untuk kedua simpang tersebut yaitu dengan alternatif 2 dengan hasil pada Simpang Bersinyal Mirota Kampus UGM untuk Hari Sabtu 20.2 det/smp sehingga tingkat pelayanan C yang berarti sedang, Hari Senin 24.4 det/smp sehingga tingkat pelayanan C yang berarti sedang. Simpang Bersinyal Jetis untuk tundaan simpang pada Hari Sabtu 19.3 det/smp sehingga tingkat pelayanan C yang berarti sedang, Hari Senin 23.9 det/smp sehingga tingkat pelayanan C yang berarti sedang