View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH KERENGGANGAN CELAH ELEKTRODE BUSI NIKEL DENSO U20EPR TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN PERFORMA MOTOR HONDA SUPRA X 125

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (57.01Kb)
      HALAMAN JUDUL (878.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (341.5Kb)
      ABSTRACT (84.92Kb)
      BAB I (199.5Kb)
      BAB II (851.8Kb)
      BAB III (649.2Kb)
      BAB IV (493.7Kb)
      BAB V (90.46Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (109.0Kb)
      LAMPIRAN (120.8Kb)
      Date
      2017-08-10
      Author
      ALAMSYAH, HELMI MAULANA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Setelah dilakukan penelitian ini dapat diketahui bahwa setiap jenis kerenggangan celah elektrode busi memiliki pengaruh terhadap karakteristik percikan bunga api, torsi, daya dan konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Busi dapat dibedakan dari dua sisi, sisi yang pertama dilihat dari tingkat panas busi (panas, dingin) dan sisi kedua dilihat dari material elektroda busi (nikel, platinum dan iridium). Untuk mengetahui pengaruh kerenggangan celah elektroda busi terhadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Supra X 125 perlu dilakukan penelitian yang akurat. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan motor Honda Supra X 125 dengan menggunakan 5 variasi jarak celah elektrode busi dan berbahan bakar Pertalite oktan 90. Pengujian dilakukan dengan alat uji percikan bunga api busi, dynotest, dan uji jalan. Parameter yang dicari adalah karakterisik percikan bunga api busi, torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa percikan bunga api yang paling baik dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan celah kerenggangan 0,5 mm. Nilai torsi rata-rata tertinggi dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan celah kerenggangan 0,5 mm yaitu sebesar 8,7 N.m. Nilai daya rata-rata tertinggi dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan celah kerenggangan 0,6 mm yaitu sebesar 7,76 HP. Konsumsi bahan bakar paling efisien dihasilkan oleh busi Denso U20EPR dengan celah elektrode 0,5 mm dimana dengan 1 liter premium mampu menempuh jarak sejauh 57,1 Km.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12736
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV