STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ALBUM SOEKAMTI DAY GRUP BAND INDIE ENDANK SOEKAMTI MELALUI INTERNET
Abstract
Endank Soekamti adalah grup musik dari Yogyakarta yang beranggotakan Erix Soekamti (bass dan vokalis), Dory Soekamti (gitar dan vokalis), dan Ari Soekamti (drum). Mulai tahun 2003 sampai tahun 2016 grup band ini sudah mengeluarkan tujuh album. Endank Soekamti merupakan grup band indie label sejak pembuatan konsep album Soekamti Day, rekaman album sampai branding album yang kreatif, pemanfaatan internet sebagai media promosi yang efektif semakin menambah ketertarikan khalayak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari strategi komunikasi pemasaran melalui internet yang diterapkan oleh Endank Soekamti.
Pada penelitiain ini menggunakan teori komunikasi pemasaran melalui internet yang digunakan untuk menerangkan arus informasi dari pemasar hingga sampai kepada konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data yang diperoleh sudah lengkap maka peneliti melakukan analisis data yang berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan selanjutnya dilakukan pembahasan sehingga dapat menarik kesimpulan.
Dalam strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, Endank Soekamti telah berhasil mencapai visi utamanya yaitu bermusik dan berkarya sendiri. Pemasaran album dengan menggunakan media internet dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan kesadaran konsumen akan boxset album. Selain itu jumlah penjualan mengalami grafik yang stabil setiap albumnya dan bahkan selalu meningkat. Namun dalam tahapan komunikasi pemasaran yang telah di lakukan oleh Endank Soekamti ada beberapa tahapan yang harus di perhatikan dan perlu di tingkatkan lagi, seperti tahapan perencanaan pesan produk dan tahapan budgeting dari strategi komunikasi pemasaran melaui internet.