ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA PSIK FKIK UMY
Abstract
Latarbelakang: Konsentrasi belajar merupakan usaha pemusatan pikiran atau perhatian terhadap suatu objek yang sedang dipelajari dengan tidak membagi perhatiannya kepada hal lain dan dilakukan secara sadar oleh individu (Rahmawati, 2014). Hasil observasi yang dilakukan pada mahasiswa PSIK UMY saat proses pembelajaran, dilihat dari ruang kuliah dan dinamisme saat kegiatan belajar, diperoleh gambaran bahwa tingkat ketahanan konsentrasi masih tergolong lemah. Sebagian mahasiswa yang memilih tempat duduk dibelakang kurang memusatkan perhatiannya pada pelajaran yang disampaikan. Mahasiswa sering mengobrol sendiri, bermain hp untuk melihat media sosial atau chatting, mengantuk dan ada beberapa yang tertidur. Dari fenomena tersebut peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian metode campuran dengan rancangan kualitatif-kuantitatif secara sekuensial, untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap konsentrasi belajar mahasiswa PSIK UMY. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa PSIK UMY yang dipilih secara purposive sampling pada pendekatan kualitatif dan pada penelitian kuantitatif dengan simple ramdom sampling. Cara pengumpulan data menggunakan teknik focus group discussion, observasi dan kuesioner. Analisis data kualitatif secara tematik menggunakan bantuan sofeware opencade 3.6 sedangkan analisis kuantitif dengan menggunakan analisis univariat, bivariate(uji spearman) dan multivariate(regresi logistic).
Keyword : faktor-faktor, konsentrasi, belajar.