View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      POLA KOMUNIKASI PENGGUNA GAME ONLINE DOTA 2 DALAM KOMUNITAS DOTA 2

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (120.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (309.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (778.3Kb)
      ABSTRACT (108.8Kb)
      BAB I (450.8Kb)
      BAB II (890.7Kb)
      BAB III (3.675Mb)
      BAB IV (145.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (110.4Kb)
      LAMPIRAN (196.6Kb)
      Date
      2017-04-21
      Author
      SUGIARTO, WAHYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      DotA 2 merupakan game online yang sangat populer, lebih dari dua belas juta orang sudah mengunduh game ini. Penyebab kepopuleran DotA 2 adalah mekanika permainan yang cukup sulit. Bisa dibilang pengetahuan bermain yang luas ini menjadi salah satu daya tarik DotA 2, dan ada banyak sekali hal yang harus dipahami sebelum mulai bermain. Tapi ironisnya, pengetahuan mengenai cara bermain inilah yang biasanya menentukan apakah seorang pemain tertarik dengan DotA 2 atau malah tidak peduli sama sekali. Ini menjadi salah satu alasan komunitas DotA 2 bermunculan. Komunitas DotA 2 UMY contohnya, berawal dari game online, gamers berkumpul dan saling berbagi banyak hal. Komunikasi yang terjadi di dalam komunitas DotA 2 di dalam online dan offline ini yang menjadi sangat menarik untuk diteliti. Penelitian dalam komunitas DotA 2 UMY ini pada dasarnya membahas dan melihat pola komunikasi yang terjadi di dalam komunitas. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisis adalah etnografi virtual untuk melihat fenomena dan bahasa di dalam komunitas DotA 2 UMY. Penelitian ini adalah sebuah penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, analisis dokumen, serta penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk melihat fenomena game online DotA 2 dan fenomena yang terjadi di dalam Komunitas DotA 2 UMY, serta kompetensi bahasa yang dimiliki. Fenomena yang ditemukan dalam komunitas seperti; komunitas yang muncul dari virtual ini menunjukkan ke masyarakat luas bahwa mereka hadir ditengah-tengah mereka (offline). Dan di dalam komunitas game online tidak terlepas dari bisnis jual beli yang terjadi. Gaya hidup gamers yang muncul dari komunitas. Serta identitas komunitas, identitas gamers dan bahasa-bahasa yang hanya diketahui oleh gamers DotA 2 atau di dalam komunitas saja.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12842
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV