STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERANSI OLEH GURU PAI DI SMP NEGERI 7 KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam strategi pembentukan karakter toleransi oleh guru PAI di SMP Negeri 7 Kebumen. Mendeskripsikan Islam dan PAI menjelaskan toleransi. Menggali landasan pembinaan toleransi beragama.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data atau informasi yang diperoleh dari para informan yang dianggap paling mengetahui secara rinci dan jelas mengenai penelitian ini. Data yang sudah terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian bahwa strategi yang dilakukan oleh guru PAI sebagai berikut : 1) Pemanfaatan sumber belajar sangat diperlukan karena setiap proses pembelajaran membutuhkan sumber belajar seperti LCD, buku. Dengan adanya sumber belajar maka akan memudahkan guru dalam proses mengajar. 2) Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari keseluruhan kurikulum karena materi pembelajaran dalam pelaksanaannya dapat mencapai sasaran yang sesuai dengan yang diharapkan oleh pendidik untuk mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. 3) Variasi metode penting digunakan agar guru tidak monoton terhadap satu metode saja, misalnya dengan menggunakan metode diskusi ataupun metode ceramah. 4) Pepustakaan dapat menunjang program belajar mengajar dilembaga pendidikan formal di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas.