PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE AUDIOVISUAL TENTANG BAHAYA MEROKOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang. Merokok merupakan kebiasaan yang biasa ditemukan di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari segi kesehatan merokok merupakan aktifitas tidak menyehatkan dan cenderung merupakan kegiatan yang sia-sia karena merokok tidak ada manfaat untuk tubuh bahkan merupakan salah satu pencetus berbagai jenis penyakit bagi yang mengkonsumsinya. Usia remaja merupakan usia dimana seseorang masih mencari jati diri, di usia remaja banyak hal-hal yang dilakukan untuk mencari kesenangan tanpa melihat baik atau buruknya kegiatan yang dilakukan. Perilaku remaja yang mulai penyalahgunaan rokok disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah lingkungan pertemanan. Pengetahuan dan sikap merupakan faktor yang maendukung agar remaja mengerti akan bahaya merokok.
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video audiovisual untuk pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya merokok.
Metodologi. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan rancangan Non equivalent control group design. Teknik sampling yang diambil dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 60 orang. Sampel penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, 30 orang kelompok intervensi dan 30 orang kelompok kontrol. Uji yang digunakan adalah uji paired t test pada kelompok berpasangan. Dan independent t test pada untuk uji dua kelompok yang tidak berpasangan.
Hasil. Nilai signifikan pengetahuan kelompok intervensi 0,001 dan nilai signifikan sikap kelompok intervensi 0,001 (p<0,05). Sedangkan pengetahuan pada kelompok kontrol nilai signifikan 0,828 dan sikap nilai signifikan 0,933 (p>0,05). Nilai selisih pengetahuan 0,001 (p<0,05) dan nilai selisih sikap 0,001 (p<0,05).
Kesimpulan. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan audiovisual pada remaja di SMP Muhammadiyah I Yogyakarta