ISYTIQAQ DAN URGENSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Sebagai bahasa Al Qur’an dengan sastra tertinggi, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang diminati dan banyak dipelajari oleh umat manusia di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dalam berbagai aspek, bahasa ini mempunyai tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Banyak karakteristik bahasa Arab yang tidak terdapat di dalam bahasa Indonesia yang kemudian menjadi problem tersendiri bagi para pembelajar bahasa. Dalam tulisan ini, penulis berusaha mendeskripsikan secara mendalam tentang isytiqoq dan urgensinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Isytiqoq, atau yang lebih dikenal dengan istilah ash shorful ‘arabi merupakan salah satu kajian dalam bahasa Arab yang berusaha mengupas secara mendalam karakteristik bahasa dari segi terminologi. Dalam hal ini, bahasa berusaha dianalisa dari akar kata pembentuk nya dan pengembangan nya dalam bentuk lain dengan menggunakan pola-pola tertentu. Uniknya, dari kedekatan, rentetan dan urutan huruf-huruf pembentuk kata tersebut, terdapat keterkaitan makna baik secara tersirat maupun tersurat. Keberadaan kajian bahasa ini memberikan banyak faidah dan kemudahan bagi para pembelajar bahasa Arab sebagai bahasa kedua, terutama dalam mempelajari mufradat dan khazanah nya yang sangat melimpah ruah. Urgensi tema ini dalam pembelajaran bahasa Arab yang cukup besar mendorong banyak komunitas untuk memperdalam topik ini dalam sebuah kajian yang lebih mendalam.