View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS PEMODELAN ABAQUS DENGAN VARIASI TIPE BRACING V TERBALIK, X, DAN K PADA SISTEM RANGKA PORTAL BAJA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (159.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (624.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (195.0Kb)
      ABSTRACT (144.3Kb)
      BAB I (254.1Kb)
      BAB II (232.6Kb)
      BAB III (891.7Kb)
      BAB IV (2.014Mb)
      BAB V (694.2Kb)
      BAB VI (147.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (215.1Kb)
      LAMPIRAN (455.0Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (382.0Kb)
      LAMPIRAN (228.0Kb)
      LAMPIRAN (218.1Kb)
      LAMPIRAN (424.7Kb)
      LAMPIRAN (619.8Kb)
      Date
      2017-08-01
      Author
      UTOMO, WAHYU TRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perencanaan struktur baja yang dapat menahan beban lateral akibat gempa bumi yang paling umum di Indonesia yaitu dengan penambahan pengaku (bracing) pada elemen struktur portal. Pada penelitian ini dilakukan analisis numerik pada perilaku struktur portal baja dengan sistem rangka bracing tipe v terbalik, x, dan k yang mengacu pada ketentuan SNI 03-1726-2002 dan SNI 03-1726-2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis jenis bracing yang paling efektif digunakan pada struktur rangka portal baja untuk dapat mempertahankan stabilitas akibat beban lateral antara jenis bracing tipe v terbalik, x, dan k berdasarkan hubungan beban dan displacement, nilai kekakuan, dan nilai hysteretic energy. Pada penelitian ini, portal yang ditinjau menggunakan baja profil WF 250.250.8.13 mm untuk kolom, profil WF 400.200.8.13 mm untuk balok, dan profil hollow 100.100.2,3 mm untuk bracing. Portal baja tersebut mempunyai ukuran panjang bentang yaitu 7,59 meter dan tinggi 3,185 meter. Metode penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data primer. Data primer dengn melakukan survei langsung dan pengukuran manual menggunakan meteran di Area Parkir Stasiun Tugu Barat Yogyakarta. Hasil penelitian menggunakan software abaqus ini yaitu berdasarkan hasil yang didapatkan dari hubungan beban dan displacement, kekakuan, dan hysteretic energy diketahui bahwa jenis bracing yang paling efektif digunakan pada struktur rangka portal baja untuk dapat mempertahankan stabilitas akibat beban lateral adalah struktur portal yang menggunakan bracing tipe v terbalik dibandingkan menggunakan bracing x dan k karena memiliki nilai displacement maksimum terkecil sebesar 1,01298 mm dengan menahan beban sebesar 47829,48053 N, nilai kekakuan terbesar yaitu 47216,52945 N/mm, dan nilai hysteretic energy total yaitu 24227,87 N.mm. Struktur portal yang menggunakan bracing tipe x dan k memiliki nilai displacement maksimum sebesar 1,43769 mm dan 4,3731 mm, nilai kekakuan yaitu 33268,22889 N/mm dan 10937,18415 N/mm, dan nilai hysteretic energy total yaitu 34256,92 N.mm dan 103776,95 N.mm.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12923
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV