View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU ILUSTRASI TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN POLA KALIMAT DASAR BAHASA JEPANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (162.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (545.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (238.3Kb)
      ABSTRACT (275.3Kb)
      SINOPSIS (860.7Kb)
      BAB I (257.7Kb)
      BAB II (616.9Kb)
      BAB III (934.6Kb)
      BAB IV (315.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (210.9Kb)
      LAMPIRAN (843.4Kb)
      Date
      2017-05-12
      Author
      SEKAR, MARHASTI KISWA ARUM
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Saat ini siswa tingkat SMP sudah mulai tertarik belajar bahasa Jepang, salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jepang adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tingkat SMP ditemukan kendala tentang rasa percaya diri yang kurang ketika siswa menggunakan bahasa Jepang. Oleh karena itu siswa diarahkan untuk terlebih dahulu belajar menulis dengan mempelajari pola kalimat bahasa Jepang. Ketika siswa belajar menulis atau mempelajari pola kalimat, ditemukan kembali kendala. Kendalanya terletak pada struktur pola kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis berusaha melakukan inovasi, salah satunya dengan menggunakan media kartu ilustrasi. Media ini diperoleh dari situs belajar bahasa Jepang yang bernama Coscom. Adanya permasalahan dan inovasi pembelajaran tersebut, penulis memunculan dua rumusan masalah yaitu: 1) Apakah media Kartu Ilustrasi efektif dalam meningkatkan penguasaan dan pemahaman tentang pola kalimat dasar bahasa Jepang siswa. 2) mencari tahu pendapat siswa mengenai penggunaan media pembelajaran Kartu Ilustrasi terhadap pembelajaran pola kalimat dasar bahasa Jepang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan jenis penelitian eksperimen, rancangan posttest only contlrol design. Instrumen penelitiannya Tes berupa soal tertulis dan nontes berupa angket. Dengan rumus statistik 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ditemukan hasil sebesar 0.78 dan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙=2,08 dengan db = 21 dan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔< 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , dengan kata lain Hk ditolak dan H0 diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran pola kalimat dasar bahasa Jepang mengguanakan media kartu ilustrasi dengan pembelajaran tidak menggunakan media (ceramah). Sedangkan perhitungan dengan rumus normalized gain kedua kelas sama-sama sangat efektif. Kesimpulannya, bahwa penggunaan media kartu ilustrasi sangat efektif meskipun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu siswa kelas eksperimen berpendapat bahwa penggunaan kartu ilustrasi memudahkan mereka dalam memahami struktur kalimat bahasa Jepang dan dengan kartu ilustrasi motivasi siswa meningkat sehingga kegiatan belajar berjalan dengan baik.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12998
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV