View Item 
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IbM RECOVERY IMAGE PARIWISATA-BENCANA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DI KAWASAN WISATA KALAIDEM KABUPATEN SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      Laporan Akhir_IbM, 2016,Tunjung..pdf (808.4Kb)
      Date
      2016-11-28
      Author
      SULAKSONO, TUNJUNG
      WINARSIH, ATIK SEPTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kegiatan recovery image terhadap pariwisata pasca bencana merupakan kegiatan yang penting untuk memulihkan kembali pariwisata agar kembali normal sediakala. Para pelaku di sekitar obyek wisata yang terkena dampak bencana biasanya tidak mempunyai pemahaman yang komprehensif terhadap pariwisatabencana dan menganggap bahwa bencana akan mengakhiri semua kegiatan pariwisata. Demikian juga hal itu terjadi di kawasan wisata Kaliadem Kabupaten Sleman setelah terjadinya erupsi Merapi tahun 2010. Di kawasan wisata ini terutama yang berhubungan dengan akomodasi wisata, para pelaku wisata merasa terpukul dengan penurunan kunjungan wisatawan yang sangat drastis. Usaha wisata yang terkena dampak paling parah adalah jasa penginapan atau pondok wisata. Pada kondisi pasca bencana sekarang ini, kegiatan recovery image tetap masih berlangsung tetapi belum membuahkan hasil yang maksimal. Upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Sleman masih sebatas pada kawasan wisata Kaliurang dan belum menyentuh secara luas di kawasan wisata Kaliadem. Usaha pondok wisata telah melakukan recovery image dengan melalui pembuatan blog di internet dan juga brosur, tetapi belum memperoleh hasil yang memuaskan. Teknologi informasi yang dipakai masih sederhana dan hanya menyajikan informasi seadanya, serta belum bersifat interaktif. Dari permasalahan tersebut maka diperlukan adanya kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu recovery image berbasis teknologi informasi (IT). Dari kegiatan yang telah dilakukan selama ini maka para pemilik pondok wisata sudah mampu untuk melakukan recovery image dengan membuat leaflet dan website yang lebih baik, disamping itu juga telah dibuat papan nama yang lebih mudah dibaca dan menarik. Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi pengelola atau pemilik pondok wista, juga telah dilaksanakan kegiatan pelatihan dalam rangka menghadapi resiko bencana dengan masih tetap memperhitungkan akan pelayanan wisata. Selurung rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berlangsung sesuai dengan target dan membawa manfaat bagi kedua mitra.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13322
      Collections
      • Report on Community Services

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV