“KOSMOS” SEBAGAI BENTUK INOVASI DALAM INTERVENSI KEPERAWATAN KOMUNITAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN RISIKO CEDERA
Abstract
Abstrak
Cedera berkontribusi sebanyak 40% kematian pada anak usia sekolah. Cedera menyebabkan peningkatan angka kesakitan, pengeluaran biaya kesehatan dan angka absensi siswa. Pencegahan cedera di komunitas sangat dibutuhkan sebelum menimbulkan dampak negatif pada anak, salah satunya dengan pendekatan Knowledge, Skill, Motivation, Opportunity and Access, Suportive Environment (Kosmos). Penulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran pelaksanaan Kosmos dalam manajemen pelayanan dan asuhan keperawatan komunitas pada anak usia sekolah dengan risiko cedera melalui integrasi Teori Manajemen, Triad epidemiological, Comprehensive School Health Model, dan Family Centered Nursing. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan sampel adalah anak usia sekolah dasar yang berjumlah 234 orang, diambil dengan teknik total sampling. Intervensi dilakukan selama 6 bulan. Hasilnya adalah terjadi peningkatan motivasi kader dan tim pelaksana UKS dalam pencegahan cedera. Terjadinya peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, sikap dan keterampilan kader kesehatan sekolah, siswa, dan keluarga dalam pencegahan cedera, serta terjadinya peningkatan kemandirian keluarga setelah diberikan intervensi kosmos. Intervensi kosmos merupakan salah satu pendekatan yang berbasis komunitas yang terbukti efektif dalam meningkatkan perilaku pencegahan cedera. Diharapkan intervensi kosmos dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan intervensi keperawatan dalam penyelesaian masalah kesehatan pada anak usia sekolah dengan risiko cedera.