View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HAND HYGIENE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH SENGGOTAN

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (11.99Kb)
      BAB I (153.3Kb)
      BAB II (208.0Kb)
      BAB III (298.6Kb)
      BAB IV (191.8Kb)
      BAB V (85.80Kb)
      COVER (106.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (233.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (192.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (7.618Mb)
      LAMPIRAN (593.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (151.5Kb)
      Date
      2017-08-03
      Author
      RAHMAWATI, DIAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang : Anak usia sekolah dasar rentan terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kepedulian anak tentang hand hygiene. Tindakan hand hygiene 6 langkah dengan sabun dan air mengalir terbukti efektif mengurangi mikroorganisme pada tangan. Pendidikan kesehatan tentang hand hygiene merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan derajat kesehatan anak. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan hand hygiene pada anak sekolah dasar di SD Muhammadiyah Senggotan. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experiment dengan pendekatan dalam satu kelompok (One-group pre-post test design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V di SD Muhammadiyah Senggotan yang berjumlah 34 murid. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan metode total sampling. Data penelitian diambil menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Rank Test. Hasil Penelitian : Hasil dari uji beda menunjukkan perbedaan nilai awal pre-tes dengan nilai akhir post-tes pada responden. Diperoleh hasil nilai P-value <0.05 (0.003 < 0.05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-tes dan post-tes setelah diberikan pendidikan kesehatan menggunakan metode demonstrasi dan media poster. Kesimpulan : Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan hand hygiene pada anak sekolah dasar di SD Muhammadiyah Senggotan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/13696
      Collections
      • Department of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV