PR DAN MEDIA RELATIONS(PRAKTEK MEDIA RELATIONS YANG EFEKTIF DI INSTITUSI PENDIDIKAN DI YOGYAKARTA)
Abstract
Penelitian Public Relations dan Media Relations (Praktek Media Relations Yang Efektif Institusi Pendidikan Di Yogyakarta) bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek media relations yang telah dilakukan 10 Public Relations / Humas Perguruan Tinggi tersebut, dan bagaimana praktek media relations yang telah dilakukan oleh 10 Public Relations / Humas Perguruan Tinggi tersebut apakah sudah efektif ataupun belum menurut Wartawan sebagai mitra kerja PR dalam bermedia relations. Objek penelitian ini adalah sepuluh (10) Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang terdiri dari tiga (3) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan tujuh (7) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta diantaranya adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Yogyakarta (UPN), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USADAR) dan Stikes Aisyiyah Yogyakarta (STAY). Beragam variasi dan jenis kegiatan media relations telah dilakukan oleh 10 perguruan tinggi tersebut. Alasan pemilihan perguruan tinggi tersebut dikarenakan ke sepuluh (10) perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi yang besar di Kota Yogjakarta yang sudah memiliki Public Relations dan mempunyai kegiatan media relations yang tersistematis dan terencana. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang memberikan gambaran secara mendetail tentang latarbelakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti yakni bagaimana implementasi media relations dengan tetap berpegang teguh pada komitmen etika profesi Public Relations pada institusi pendidikan tinggi / Universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua perguruan tinggi di Yogyakarta yang menjadi objek dalam penelitian ini telah melakukan praktek media relations. Dalam praktek kegiatan media relations, Public Relations Public Relations institusi pendidikan tinggi seharusnya lebih kreatif, inovatif dalam mengelola peristiwa agar memiliki news value sehingga wartawan akan mempublikasikannya beritanya, selain itu karena memang menarik dan layak dipublikasikan