View Item 
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 05. COMMUNITY SERVICE
      • Report on Community Services
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PUBLIC RELATIONS & MEDIA RELATIONS (KAJIAN KRITIS BUDAYA AMPLOP PADA MEDIA RELATIONS INSTITUSI PENDIDIKAN DI YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      PNLT2225.doc (30.5Kb)
      PNLT2226.pdf (1.898Mb)
      Date
      2015
      Author
      WIDYASARI, WULAN
      NURNISYA, FRIZKI YULIANTI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian Public Relations dan Media Relations (Kritik Budaya Amplop Pada Media Relations Institusi Pendidikan Di Yogyakarta) bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan media relations yang telah dilakukan 10 Public Relations / Humas Perguruan Tinggi tersebut, termasuk kemungkinan adanya budaya pemberian amplop dalam kegiatan media relations yang selama ini dilakukan. Objek penelitian ini adalah sepuluh (10) Perguruan Tinggi di Yogyakarta yang terdiri dari tiga (3) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan tujuh (7) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta diantaranya adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Pembangunan Negeri “Veteran” Yogyakarta (UPN), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma (USADAR) dan Stikes Aisyiyah Yogyakarta (STAY). Beragam variasi dan jenis kegiatan media relations telah dilakukan oleh 10 perguruan tinggi tersebut. Alasan pemilihan perguruan tinggi tersebut dikarenakan ke sepuluh (10) perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi yang besar di Kota Yogjakarta yang sudah memiliki Public Relations dan mempunyai kegiatan media relations yang tersistematis dan terencana. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang memberikan gambaran secara mendetail tentang latarbelakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti yakni bagaimana implementasi media relations dengan tetap berpegang teguh pada komitmen etika profesi Public Relations pada institusi pendidikan tinggi / Universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua perguruan tinggi di Yogyakarta yang menjadi objek dalam penelitian ini telah melakukan kegiatan media relations. Dalam kegiatan media relations, Public Relations perguruan tinggi melakukan budaya pemberian amplop kepada wartawan dengan alasan mengganti biaya transportasi dan bukan sebagai “uang sogok” agar berita mereka terpublikasikan dan sebagai sarana pencitraan institusi. Public Relations perguruan tinggi merasa bahwa budaya memberikan amplop kepada wartawan tidak melanggar kode etik profesi mereka sebagai Public Relations. Dilain pihak bagi wartawan, budaya pemberian amplop dapat mengganggu independensi dan merupakan bentuk pelanggaran kode etik profesi mereka sebagai wartawan. Meskipun demikian masih ada juga wartawan yang mau menerima amplop dalam kegiatan peliputan mereka. Adanya perbedaan dalam mengimplementasikan kode etik profesi jurnalistik, sangat dipengaruhi oleh integritas wartawan dan kebijakan yang berlaku pada masing-masing institusi media
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/1388
      Collections
      • Report on Community Services

      Related items

      Showing items related by title, author, creator and subject.

      • STRATEGI MEDIA RELATIONS PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA 

        FAUZIYAH, FINA (FISIPOL UMY, 2017-12-18)
        ABSTRAK University of Muhammadiyah Yogyakarta Faculty of Social and Political Sciences Department of Communication Studies Concentration Public Relations Fina Fauziyah Media Relations Strategy in Increasing ...
      • STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. PLN (persero) AREA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PEMERINTAH 

        ZOUZIAH, GINHA WENDIE (FISIP UMY, 2017-12-14)
        PLN is one of the State Owned Enterprises (SOEs) which is engaged in the electric service provider. In managing good relationships with the community, PT. PLN requires public relations in charge of conducting communication ...
      • STRATEGI CUSTOMER RELATIONS DALAM MEMBANGUN LOYALITAS PESERTA EVENT INDONESIAN KUSTOM KULTURE FESTIVAL (KUSTOMFEST) “NO BOUNDARIES” 2017 

        WARDHANI, VIDYASTUTI CANDRA (FAKULTAS ILMU POLITIK DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-02)
        This research is titled "Customer Relations Strategy in Building Loyalty of Indonesian Kustom Custom Festival (KUSTOMFEST) 'No Boundaries' 2017". This research aims to describe and analyze the process of determining and ...

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV