Show simple item record

dc.contributor.authorAPRILIYA, KURNIANTI
dc.contributor.authorREZA GIGA, ISNANDA
dc.date.accessioned2017-08-31T03:37:36Z
dc.date.available2017-08-31T03:37:36Z
dc.date.issued2016-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14080
dc.descriptionSetiap tahun, banyak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang universitas. Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru, siswa perlu melalui proses seleksi, salah satunya melalui jalur tes. Karena jalur tes memiliki persaingan ketat, maka perlu ada persiapan sedini dan sebaik mungkin oleh siswa dan guru dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan ujian latihan. Dalam mengikuti ujian latihan, siswa dan guru seharusnya merekap dan mengevaluasi hasil yang didapat sekaligus memetakan materi mana yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. Informasi dari perekapan dan pemetaan ini sangat berguna dalam membantu menyusun strategi pembelajaran maupun strategi menghadapi ujian berikutnya. Namun demikian, proses perekapan dan pemetaan hasil ujian masih sulit dilakukan oleh siswa dan guru jika hanya mengandalkan cara manual Penelitian ini bertujuan membantu para guru dan siswa dalam merekap dan memetakan hasil ujian dengan membuat sebuah sistem online berbasis tag. Dalam sistem, guru dapat membuat soal ujian latihan dan melabeli setiap soal dengan tag. Ujian yang dibuat guru kemudian dapat diikuti oleh siswa. Setelah ujian selesai, hasil yang didapat kemudian akan direkap oleh sistem. Baik siswa dan guru lalu bisa melihat hasil yang mereka peroleh beserta rekap dan detail soal-soal yang dijawab dengan benar dan yang dijawab dengan salah. Selain menampilkan hasil ujian saat ini, sistem juga mampu merekap semua hasil ujian yang pernah diikuti oleh siswa sebelumnya Dengan menggunakan tag pada setiap soal ujian, sistem dapat mengelompokkan soalsoal yang memiliki tag sama. Di samping itu, seluruh nilai yang pernah didapat siswa pada kelompok soal-soal ini juga akan ditampilkan. Dengan cara ini, baik siswa maupun guru dapat melihat materi-materi mana yang menjadi kekuatan dan kelemahan mereka selama ini. Informasi ini diharapkan dapat membantu dalam menyusun strategi pembelajaran atau strategi menghadapi ujian berikutnya. Dengan strategi yang lebih terorganisir, diharapkan siswa dapat belajar lebih baik, meningkatkan nilai ujian, dan diterima di universitas yang diharapkan. Untuk penelitian di tahap selanjutnya, direncakan untuk membuat sistem yang tidak hanya menrekap dan memetakan hasil ujian, namun juga sistem yang mampu memberikan saran mengenai strategi pembelajaran yang sebaiknya diterapkan oleh siswa dan buru berikutnya. Dengan kemampuan memberikan saran, akan mempermudah siswa dan guru dalam mengolah informasi yang diberikan oleh sistemen_US
dc.description.abstractSelection test is one option for students to continue their study in university. Since the competition is tight, both students and teachers need to prepare better. One alternative way is through try out test. For every try out test, students and teachers are supposed to evaluate, recap, and map the result to find out all the strong and weak subject of the students. However, this is difficult if done manually. This research attempt to help students and teachers by developing a tag-based online system that can help the recap and mapping process. All the test result can be stored, recapped, and mapped by the system. In addition, the system can group all questions with similar tags so that students and teachers know their strong and weak subject. With these information, a better strategy for learning or facing the next try out test can be made. With better strategy, hopefully the student can learn better, achieve higher scores, and enrolled to the chosen universityen_US
dc.titlePERANCANGAN BASIS DATA SISTEM ASESMEN DAN PEMETAAN HASIL ASESMEN BERBASIS TAG SEBAGAI PEMBANTU PENYUSUNAN STRATEGI PEMBELAJARANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record