Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorNUGRAHELLA, APRILLIANA RISMA
dc.date.accessioned2017-09-02T06:25:35Z
dc.date.available2017-09-02T06:25:35Z
dc.date.issued2017-03-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14333
dc.descriptionLatar Belakang : Hall dan Waver menyebutkan bahwa tingginya kompleksitas permasalahan dan kemajuan teknologi di bidang kesehatan menyebabkan diversifikasi profesi kesehatan. Kemudian muncullah Interprofessional Education (IPE) yang dicetuskan oleh WHO sebagai pendidikan yang terintegrasi untuk peningkatan kemampuan kolaborasi karena IPE bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan praktik kolaborasi interprofesional. Dalam pelaksanaan IPE dibutuhkan kerjasama tim yang baik sehingga akan meningkatkan kualitas dan efektif dalam melayani pasien. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan kognitif dengan kemampuan kerjasama tim interprofesi mahasiswa tahap profesi di FKIK UMY. Metode : Penelitian ini adalah penelitian cross sectional. Responden merupakan mahasiswa profesi FKIK UMY yang telah melaksanakan program IPE. Dilakukan pengujian dengan cara mengisi kuesioner Team Work Score (TWS) dan pengumpulan nilai IPK sarjana. Hasil penelitian kemudian dicatat dan dihitung dengan rumus korelasi Spearman’s menggunakan program SPSS. Hasil : Terdapat 43 responden yang terdiri dari 15 mahasiswa pendidikan dokter, 9 mahasiswa pendidikan dokter gigi, dan 19 mahasiswa ilmu keperawatan. Rata-rata kemampuan kognitif reponden berada pada kategori yang sangat memuaskan dan kemampuan kerjasama timnya berada pada kategori baik.Hasil perhitungan dengan SPSS 16 menggunakan rumus korelasi Spearman’s menunjukkan nilai p = 0,000 (<0,05) dan r = 0,653. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan kognitif dengan kemampuan kerjasama tim interprofesi mahasiswa tahap profesi di FKIK UMY.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang : Hall dan Waver menyebutkan bahwa tingginya kompleksitas permasalahan dan kemajuan teknologi di bidang kesehatan menyebabkan diversifikasi profesi kesehatan. Kemudian muncullah Interprofessional Education (IPE) yang dicetuskan oleh WHO sebagai pendidikan yang terintegrasi untuk peningkatan kemampuan kolaborasi karena IPE bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan praktik kolaborasi interprofesional. Dalam pelaksanaan IPE dibutuhkan kerjasama tim yang baik sehingga akan meningkatkan kualitas dan efektif dalam melayani pasien. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan kognitif dengan kemampuan kerjasama tim interprofesi mahasiswa tahap profesi di FKIK UMY. Metode : Penelitian ini adalah penelitian cross sectional. Responden merupakan mahasiswa profesi FKIK UMY yang telah melaksanakan program IPE. Dilakukan pengujian dengan cara mengisi kuesioner Team Work Score (TWS) dan pengumpulan nilai IPK sarjana. Hasil penelitian kemudian dicatat dan dihitung dengan rumus korelasi Spearman’s menggunakan program SPSS. Hasil : Terdapat 43 responden yang terdiri dari 15 mahasiswa pendidikan dokter, 9 mahasiswa pendidikan dokter gigi, dan 19 mahasiswa ilmu keperawatan. Rata-rata kemampuan kognitif reponden berada pada kategori yang sangat memuaskan dan kemampuan kerjasama timnya berada pada kategori baik.Hasil perhitungan dengan SPSS 16 menggunakan rumus korelasi Spearman’s menunjukkan nilai p = 0,000 (<0,05) dan r = 0,653. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang kuat antara kemampuan kognitif dengan kemampuan kerjasama tim interprofesi mahasiswa tahap profesi di FKIK UMY.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectInterprofessional education, kemampuan kognitif, kerjasama tim.en_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN KERJASAMA TIM INTERPROFESI PADA MAHASISWA PROFESI FKIK UMYen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 033en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record