View Item 
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 04. LECTURERS ACADEMIC ACTIVITIES
      • CONFERENCE
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PARADIGMA PENGEMBANGAN MADRASAH DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN MANUSIA INDONESIA SEUTUHNYA

      Thumbnail
      View/Open
      paper SENARI_NEW.pdf (2.086Mb)
      Date
      2016-11-19
      Author
      AZHAR, CHUSNUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      PARADIGMA PENGEMBANGAN MADRASAH DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN MANUSIA INDONESIA SEUTUHNYA Chusnul Azhar, M.Pd.I Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ABSTRAK Lembaga pendidikan Islam masa kini dihadapkan pada pelbagai tantangan, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Lembaga pendidikan Islam dianggap kurang berhasil kalau tidak mau dikatakan “gagal” dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia Indonesia, menggarap sikap dan perilaku peserta didik, serta membangun moral etika bangsa Indonesia.Masalah kurikulum lembaga pendidikan Islam yang masih belum fokus dan juga proses pembelajaran yang dirasa belum mendukung pada visi dan misi lembaga pendidikan Islam, merupakan contoh permasalahan di tingkat pengelolaan, sedangkan kebijakan dalam upaya pengembangan lembaga pendidikan Islam yang masih bersifat tambal sulam serta belum adanya blue print pengembangan lembaga pendidikan Islam merupakan permasalahan di tingkat kebijakan pemerintah. Reaktualisasi lembaga pendidikan Islam sebagai paradigma pengembangan mutu pendidikan Islam di masa datang dalam konteks keindonesiaan merupakan keniscayaan sebagai wujud upaya untuk melakukan perubahan dan inovasi. Apa yang dituju oleh perubahan dan inovasi itu adalah peningkatan mutu pendidikan Islam, sehingga masing-masing lembaga pendidikan Islam dituntut untuk menyelenggarakan dan mengelola lembaga pendidikan Islam secara serius dan mampu memberikan jaminan mutu, layanan yang prima, dan dapat mempertanggungjawabkan kinerja kepada peserta didik, orang tua, masyarakat, dan untuk kemajuan bangsaIndonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Islam Indonesia (swasta) memiliki sumbangsih yang sangat besar dalam menanamkan rasa kebangsaan ke dalam jiwa rakyat Indonesia dan juga sangat berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Olehnya, pemerintah memiliki tanggung jawab secara konstitusi untuk mengembangkan lembaga pendidikan Islam (swasta) yang dikembangkan oleh berbagai yayasan yang bergerak ranah pendidikan agar dapat mempercepat kemajuan Indonesia. Kata kunci: reaktualisasi, pemerintah, dan jaminan mutu pendidikan swasta.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14627
      Collections
      • CONFERENCE

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV