Show simple item record

dc.contributor.authorARDHANI, BELLA RIZQIA
dc.date.accessioned2017-09-20T03:05:28Z
dc.date.available2017-09-20T03:05:28Z
dc.date.issued2017-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14706
dc.descriptionLatar Belakang: Dasar dalam kurikulum kedokteran gigi pre-klinik, pengetahuan anatomi mengenalkan siswa pada karakteristik anatomi gigi dan morfologi gigi permanen dan gigi susu. Salah satu pencapaian mahasiswa kedokteran gigi pada tingkat dasar adalah mahasiswa memperoleh pengetahuan kedokteran gigi dasar untuk dapat mengidentifikasi gigi, mengenali dan mendiagnosa anomali gigi, dan mengobati atau mengelola patologi gigi, yang mana itu merupakan pengetahuan dasar pada semua aspek praktek dokter gigi. Dari data pre penelitian yang telah diperoleh, presentase kelulusan OSCE pada blok kedokteran gigi dasar dalam station identifikasi gigi di UMY hanya 65,48% untuk angkatan 2013, dan 58.08% untuk angkatan 2015. Hal ini dirasa masih kurang mengingat morfologi gigi merupakan ilmu dasar yang wajib dipahami oleh calon dokter gigi. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan mahasiswa KG UMY tahun pertama sebelum dan sesudah penggunaan media ajar “Tooth Morphology Board Game”. Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest pada mahasiswa kedokteran gigi UMY tahun pertama sebelum dan sesudah permainan. Hasil Penelitian: Dari 30 sampel, sebanyak 27 sampel (90%) mengalami peningkatan nilai pretest dan posttest, dan 2 sampel (6.67%) mengalami penurunan nilai pretest dan posttest, serta 1 sampel (3.33%) tidak mengalami peningkatan ataupun penurunan nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata nilai pretest sebesar 59.56 dan rata-rata nilai posttest sebesar 73.16.en_US
dc.description.abstractBackground: As a foundational course in the preclinical dental curriculum, dental anatomy introduces students to the anatomical and morphological characteristics of human permanent and primary dentition. One of the achievements of dentistry students at primary level is that students gain basic dental knowledge to identify teeth, recognize and diagnose dental anomalies, and treat or manage dental pathology, which is a basic knowledge in all aspects of dental practice. From the pre-research data that has been obtained, the percentage of OSCE graduation on the basic dentistry block in the dental identification station at UMY is only 65.48% for the generation of 2013, and 58.08% for the generation of 2015. This is considered to be less considering dental morphology is a basic science must be understood by prospective dentist. The research objectives: To know the differences in level knowledge of dentistry students UMY of 1st years before and after the use of teaching media“Tooth Morphology Board Game”. Methode: This research is done by giving pretest and posttest questions on dentistry student of UMY 1st year before and after play the game. Results: From 30 samples, 27 samples (90%) experienced an increase in pretest and posttest values, and 2 samples (6.67%) decreased pretest and posttest, and 1 sample (3.33%) did not increase or decrease in pretest value and posttest. The average value of pretest value of 59.56 and the average posttest value of 73.16.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectBoard Game, Dental Morphology. Board Game, Morfologi gigien_US
dc.titlePERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KG UMY TAHUN PERTAMA SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MEDIA AJAR “TOOTH MORPHOLOGY BOARD GAME”en_US
dc.typeThesis SKR FKIK 237en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record