dc.contributor.author | ARDHANI, BELLA RIZQIA | |
dc.date.accessioned | 2017-09-20T03:05:28Z | |
dc.date.available | 2017-09-20T03:05:28Z | |
dc.date.issued | 2017-06-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/14706 | |
dc.description | Latar Belakang: Dasar dalam kurikulum kedokteran gigi pre-klinik, pengetahuan
anatomi mengenalkan siswa pada karakteristik anatomi gigi dan morfologi gigi
permanen dan gigi susu. Salah satu pencapaian mahasiswa kedokteran gigi pada
tingkat dasar adalah mahasiswa memperoleh pengetahuan kedokteran gigi dasar
untuk dapat mengidentifikasi gigi, mengenali dan mendiagnosa anomali gigi, dan
mengobati atau mengelola patologi gigi, yang mana itu merupakan pengetahuan
dasar pada semua aspek praktek dokter gigi. Dari data pre penelitian yang telah
diperoleh, presentase kelulusan OSCE pada blok kedokteran gigi dasar dalam
station identifikasi gigi di UMY hanya 65,48% untuk angkatan 2013, dan 58.08%
untuk angkatan 2015. Hal ini dirasa masih kurang mengingat morfologi gigi
merupakan ilmu dasar yang wajib dipahami oleh calon dokter gigi. Tujuan
penelitian: Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan mahasiswa KG
UMY tahun pertama sebelum dan sesudah penggunaan media ajar “Tooth
Morphology Board Game”.
Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal pretest dan
posttest pada mahasiswa kedokteran gigi UMY tahun pertama sebelum dan
sesudah permainan.
Hasil Penelitian: Dari 30 sampel, sebanyak 27 sampel (90%) mengalami
peningkatan nilai pretest dan posttest, dan 2 sampel (6.67%) mengalami
penurunan nilai pretest dan posttest, serta 1 sampel (3.33%) tidak mengalami
peningkatan ataupun penurunan nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata nilai
pretest sebesar 59.56 dan rata-rata nilai posttest sebesar 73.16. | en_US |
dc.description.abstract | Background: As a foundational course in the preclinical dental curriculum,
dental anatomy introduces students to the anatomical and morphological characteristics
of human permanent and primary dentition. One of the achievements of
dentistry students at primary level is that students gain basic dental knowledge to
identify teeth, recognize and diagnose dental anomalies, and treat or manage
dental pathology, which is a basic knowledge in all aspects of dental practice.
From the pre-research data that has been obtained, the percentage of OSCE
graduation on the basic dentistry block in the dental identification station at UMY
is only 65.48% for the generation of 2013, and 58.08% for the generation of 2015.
This is considered to be less considering dental morphology is a basic science
must be understood by prospective dentist. The research objectives: To know the
differences in level knowledge of dentistry students UMY of 1st years before and
after the use of teaching media“Tooth Morphology Board Game”.
Methode: This research is done by giving pretest and posttest questions on
dentistry student of UMY 1st year before and after play the game.
Results: From 30 samples, 27 samples (90%) experienced an increase in pretest
and posttest values, and 2 samples (6.67%) decreased pretest and posttest, and 1
sample (3.33%) did not increase or decrease in pretest value and posttest. The
average value of pretest value of 59.56 and the average posttest value of 73.16. | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | Board Game, Dental Morphology. Board Game, Morfologi gigi | en_US |
dc.title | PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KG UMY TAHUN PERTAMA SEBELUM DAN SESUDAH PENGGUNAAN MEDIA AJAR “TOOTH MORPHOLOGY BOARD GAME” | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
237 | en_US |