dc.description.abstract | Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi yang cukup dikenal oleh
masyarakat Indonesia. Pada zaman yang sudah sangat berkembang ini kebutuhan akan
moda transportasi massal yang dapat mengangkut barang maupun penumpang dengan
jumlah banyak dan meminimalisir pengeluaran BBM dan biaya yang lain sangat
dibutuhkan, kereta api menjadi salah satu solusinya. Namun kondisi yang terjadi saat ini
belum menjadi kondisi yang ideal untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi
favorit di masyarakat, karena masih minimnya pengadaan dan pembangunan jaringan
kereta api, terlebih masyarakat di luar Pulau Jawa. Oleh karena itu demi mendukung
upaya penggunaan alat transportasi kereta api di Indonesia, pemerintah terus melakukan
upaya perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana transportasi. Salah satunya
adalah pembangunan jalur kereta api ganda di Provinsi Sumatera Selatan. Penulis
melakukan studi mengenai Detailed Engineering Design (DED) Geometrikk Jalur Kereta
Api Ganda pada jalur dari Stasiun Muara Enim sampai Stasiun Banjarsari sepanjang
10,728 km.
Pada studi ini digunakan Peraturan Menteri Perhubungan No.60 Tahun 2012
tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api, Undang – undang No.23 Tahun 2007
tentang Perkeretaapian dan Peraturan Menteri Perhubungan No. 78 Tahun 2014 Tentang
Standar Biaya sebagai acuan perencanaan dan mengambil wilayah studi jalur kereta api
dari Stasiun Muara Enim sampai Stasiun Banjarsari (Km 396 + 232 s.d Km 406 + 960).
Berdasarkan studi yang telah dilakukan dan menganalisis data sekunder yang ada
sebagai dasar desain geometrikk jalur kereta api ganda, didapatkan bahwa kelas jalan
adalah kelas jalan I dengan kecepatan rencana 100 km/jam menggunakan tipe rel R-54,
pada desain geometrikk didapatkan 14 lengkung horisontal dan 32 lengkung vertikal,
volume pekerjaan galian tanah sebesar 104.585,529 m³ dan volume pekerjaan timbunan
sebesar 50.733,662 m³, volume pekerjaan drainasi sebesar 2.646,05 m³ dan volume
pekerjaan retaining wall sebesar 9533,252 m³. Rencana Anggaran Biaya untuk
pembangunan jalur kereta api ganda Stasiun Muara Enim – Stasiun Banjarsari sepanjang
10,728 km sebesar Rp. 117.920.940.000 dengan biaya setiap km adalah Rp.
10.991.884.000. | en_US |