EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM DI SMP MUHAMMADIYAH TURI SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) program sekolah dalam membentuk kepribadian muslim, 2) pelaksanaan pembelajaran agama Islam di SMP Muhammadiyah Turi, dan 3) hasil pembentukan kepribadian siswa SMP Muhammadiyah Turi. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan model CIPP. Pendekatan menggunakan kualitatif deskriptif.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Turi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX SMP Muhammadiyah Turi yang berjumlah 40 siswa dan dengan melibatkan Guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori analisis data oleh Milles dan Huberman yaitu analisis deskriptif dengan mendiskripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang dievaluasi menggunakan mixed method berupa kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan yang membahas tentang pelaksanaan program pembentukan kepribadian muslim di SMP Muhammadiyah Turi hasil penelitiannya adalah ; 1) program yang dilaksanakan untuk membentuk kepribadian muslim di SMP Muhammadiyah Turi sudah berjalan dengan baik. Program tersebut adalah pembiasaan 5S, pembiasaan shalat wajib dan sunah beserta tadarus atau BTA di sekolah, dan pembelajaran kultum dan praktik kultum. Sehingga siswa tidak terlalu banyak waktu kosong yang digunakan untuk hal-hal yang negatif, 2) berhasilnya sebuah program tidak lepas dari sumber daya manusia sebagai pelaksana program yaitu kepala sekolah dan guru, sehingga sumber daya manusia ini juga harus baik. Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang baik, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru, 3) proses pelaksanaan program pembentukan kepribadian muslim adalah melalui beberapa tahapan, yaitu sosialisasi, pendampingan, bimbingan dan yang paling penting adalah keteladanan, dan 4) hasil pelaksanaan program pembentukan kepribadian muslim adalah siswa SMP Muhammadiyah Turi berlaku baik, tertib dan berakhlak baik di sekolah dan di rumah