View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD STIKER LINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (34.98Kb)
      HALAMAN JUDUL (428.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (315.3Kb)
      ABSTRACT (257.7Kb)
      BAB I (268.2Kb)
      BAB II (585.5Kb)
      BAB III (908.4Kb)
      BAB IV (265.8Kb)
      SINOPSIS (696.5Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (252.2Kb)
      LAMPIRAN (2.610Mb)
      LAMPIRAN (263.9Kb)
      Date
      2017-08-21
      Author
      PUTRANTO, YUNUS BAGAS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu flashcard. Hal yang membedakan adalah media flashcard pada penelitian ini dikombinasikan dengan stiker Line. Stiker Line digunakan dengan asumsi bahwa Line merupakan salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia, sehingga fitur stiker Linenya familiar dan dapat mudah diingat oleh pembelajar bahasa Jepang. Penelitian ini dilangsungkan pada mata pelajaran bahasa Jepang di kelas XI Ilmu Bahasa dan Budaya Madrasah Aliyah Negeri II Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berbentuk tes dan angket. Dari hasil analisis data nilai tes menggunakan rumus 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔, diperoleh hasil 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar 5.29 dan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db sebesar 35 pada taraf signifikansi 5% adalah 2.03. Dari perbandingan kedua nilai t tersebut, maka dapat dilihat bahwa 𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar daripada 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (𝑡โ„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 5.29 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2.03). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hk diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan signifikan antara pembelajar kosakata bahasa Jepang menggunakan media pembelajaran flashcard stiker Line dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media tersebut. Data nilai yang diperoleh dari posttest tersebut juga dibandingkan dengan data nilai pretest menggunakan rumus normalized gain untuk mengetahui keefektifan dari media flashcard stiker Line. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa data normalized gain pada kelas eksperimen adalah sebesar 0.93 dan pada kelas kontrol sebesar 0.76. Angka tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama sangat efektif. Meski demikian, hasil dari normalized gain pada kelas eksperimen sedikit lebih tinggi dengan selisih 0.17. Hal tersebut menandakan bahwa pembelajaran menggunakan media flashcard stiker Line sedikit lebih efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media tersebut. Dari hasil angket, diketahui kesan siswa terhadap media flashcard stiker Line. Seluruh responden menyatakan bahwa mereka menyukai pembelajaran bahasa Jepang menggunakana media flashcard stiker Line. Selain itu responden juga setuju jika media tersebut diterapkan pada pembelajaran bahasa Jepang secara berkelanjutan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15124
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV