View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH CELAH BUSI NGK STD BERELEKTRODA NIKEL TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN UNJUK KERJA SEPEDA MOTOR BEAT PGM F-I BERBAHAN BAKAR PERTALITE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (108.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (212.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (700.3Kb)
      INTISARI (86.30Kb)
      BAB I (93.75Kb)
      BAB II (888.4Kb)
      BAB III (619.2Kb)
      BAB IV (507.5Kb)
      BAB V (89.05Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (175.7Kb)
      LAMPIRAN (934.1Kb)
      Date
      2017-08-15
      Author
      ATMANEGARA, DANANG ADI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang otomotif telah berkembang pesat serta permintaan konsumen untuk meningkatkan performa ikut bertambah pesat. Usaha yang dapat dilakukan meningkatkan kinerja motor adalah menyempurnakan sistem pengapian. Salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam sistem pengapian adalah busi. Pengujian dilakukan untuk mengetahui karakteristik percikan bunga api, unjuk kerja sepeda motor serta konsumsi bahan bakar menggunakan sepeda motor HONDA BEAT PGM F-I dengan busi NGK STD yang dikenakan perlakuan perubahan celah busi 0,6 mm; 0,7 mm; 0,8 mm; 0,9 mm; dan 1,0 mm serta berbahan bakar pertalite. Pengujian percikan bunga api dilakukan menggunakan alat simulasi dengan merangkai baterai, cdi, koil, dan busi serta penggerak mula menggunakan motor listrik. Pada pengujian kinerja motor menggunakan alat dynamometer sedangakan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan carauji jalan sepanjang 5 km dengan kecepatan konstan yaitu berkisar 40 km/Jam. Hasil pengujian diperoleh pada celah 0,6 mm nilai torsi 12,27 N.m dan daya 8,3 HP dengan konsumsi bahan bakar sebesar 52,3km/l, celah 0,7 mm memperoleh torsi 12,47N.m, daya 8,2 HP, kosumsi bahan bakar 55,56km/l, celah 0,8 mm memperoleh torsi 12,73 N.m, daya 8,3 HP, konsumsi bahan bakar 58,82 km/l, celah 0,9 mm memperoleh torsi 12,66 N.m, daya 8,2 HP, konsumsi bahan bakar 55,56 Km/l, celah 1,0 mm memperoleh torsi 12,57 N.m, daya 8 HP, dan konsumsi bahan bakar 53,76 km/l. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa busi NGK STD pada celah 0,8 mm menghasikan nilai daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan yang lainnya.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15147
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV