PENGEMBANGAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB APPLICATION MENGGUNAKAN ASP.NET MVC 5 STUDI KASUS DIVISI MARKETING NIIT INDONESIA
Abstract
NIIT Indonesia merupakan sebuah anak perusahaan dari NIIT India, yang menawarkan solusi pengajaran dan pelatihan multi disiplin ilmu untuk perusahaan, instansi pendidikan dan individu. Untuk dapat memenuhi target dalam mendapatkan konsumen baru, NIIT Indonesia memerlukan strategi-strategi khusus. Salah satunya adalah dengan memahami sifat dan perilaku dari konsumen. Hal tersebut bisa dilakukan melalui manajemen data konsumen yang baik. Melalui manajemen data konsumen, sebuah perusahaan bisa melakukan segmentasi konsumen berdasarkan sifat atau perilakunya. Selanjutnya dari hal tersebut perusahaan bisa memberikan perlakuan yang sesuai dan tepat sasaran.
Saat ini NIIT Indonesia masih menggunakan Microsoft Excel sebagai media manajemen data konsumen dalam proses customer development. Pemilihan Microsoft Excel sebagai media manajemen data mempunyai beberapa kelemahan, salah satu diantaranya yaitu ketidakmampuan Microsoft Excel untuk dapat terintegrasi dengan file Microsoft Excel lainnya. Padahal integrasi data sangat dibutuhkan untuk mempermudah proses pemetaan data dalam melakukan segmentasi konsumen. Berdasarkan beberapa alasan tersebut, NIIT Indonesia membutuhkan sebuah sistem yang bisa mempermudah proses manajemen data yang kompleks agar berjalan lebih efektif dan efisien. Hal tersebut bisa direalisasikan dengan memanfaatkam sistem Customer Relationship Management (CRM). Pada skripsi ini, peneliti menawarkan solusi manajemen data yang lebih terorganisasi, terintegrasi dan terotomatisasi dengan menggunakan sistem CRM berbasis web application. Sistem CRM ini dibangun di atas platform .NET dengan memanfaatkan ASP.NET MVC 5. Melalui sistem CRM ini diharapkan nantinya akan mempermudah proses manajemen data konsumen di NIIT Indonesia, yang dapat berdampak pada peningkatan produktifitas dalam mencapai target yang diinginkan.