FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBIAYAAN MURABAHAH STUDI PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi pembiayaan murabahah di BMT UMY serta mengetahui pengaruh
promois, atribut produk, kualitas pelayanan dan kepuasan terhadap produk
pembiayaan murabahah..
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan obyek penelitian
di BMT UMY. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara
didistribusikan untuk anggota
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan
antara Promosi, Atribut produk, Kualitas pelayanan dan Kepuasan nasabah
terhadap pembiayaan murabahah. Hal ini di karenakan promosi memiliki satu
aspek yang penting dalam manajemen pemasaran. Dan atribut produk
mempunyai arti yang penting bagi konsumen, oleh sebab itulah dalam membeli
produk, konsumen biasanya melihat pada atribut produk yang dimiliki oleh
produk tersebut. Dalam hal kualitas pelayanan BMT UMY selalu mengoptimalkan
dan mengutamakan nasabahnya , kepedualian BMT UMY terhadap nasabah
menjadi nilai tersendiri bagi nasabah tersebut. Sehingga mampu memberikan
kepuasan kepada nasabah, BMT UMY memberikan produk/jasa yang sesuai
dengan kebutuhan nasabahnya khususnya bagi mahasiswa UMY yang kurang
mampu dalam memenuhi kebutuhannya.