View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERSEPSI PEDAGANG MUSLIM TERHADAP KEBERADAAN BMT BISMILLAH DI SUKOREJO KENDAL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (184.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (501.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (159.3Kb)
      ABSTRAK (87.58Kb)
      BAB I (464.2Kb)
      BAB II (381.5Kb)
      BAB III (268.0Kb)
      BAB IV (456.7Kb)
      BAB V (88.97Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (204.5Kb)
      LAMPIRAN (2.436Mb)
      Date
      2017-08-26
      Author
      KUNCAHYO, KRISNA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan pedagang Muslim di Pasar Sukorejo tentang BMT. Persepsi yang salah tentang BMT dengan adanya anggapan yang menyamakan bahwa BMT sama dengan bank konvensional, padahal diantara keduanya terdapat perbedaan yang mendasar diantara kedua objek tersebut. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui persepsi pedagang Muslim di Pasar Sukorejo terhadap BMT Bismillah Sukorejo Kendal. Peneliti dalam melakukan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data menggunakan snowball sampling dan purposive sampling dengan mengambil 30 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, diperoleh dari wawancara langsung ke informan. Selanjutnya menganalisisnya dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Hasil penelitian ini adalah ada dua persepsi yang ditunjukkan oleh pedagang Muslim yang berada di Pasar Sukorejo terhadap BMT Bismillah, yaitu persepsi baik dan tidak baik. Persepsi baik ditunjukkan oleh 19 informan yang mengatakan bahwa BMT Bismillah sudah bagus, yaitu 17 informan nasabah BMT Bismillah dan 2 informan non nasabah BMT Bismillah. Persepsi baik ini diperkuat dengan mereka yang tidak menyetujui adanya anggapan yang mengatakan bahwa BMT Bismillah sama dengan bank konvensional. Karena BMT Bismillah menggunakan prinsip syariah dan bisa lebih dekat dengan nasabahnya. Persepsi tidak baik ditunjukkan oleh 11 informan non nasabah BMT Bismillah yang mengatakan bahwa BMT Bismillah tidak bagus. Persepsi tidak baik ini diperkuat dengan mereka yang menyetujui anggapan tentang BMT Bismillah sama dengan bank konvensional. Mereka tidak tertarik dengan BMT Bismillah dan tidak memilih BMT Bismillah.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15221
      Collections
      • Department of Economics and Islamic Banking

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV